Akibat Absen Lama di Kyokushin

Posted by Syauqi Friday, September 13, 2013 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Akibat Absen Lama di Kyokushin

Banyak orang absen berlatih beladiri selama beberapa waktu. Alasannya bermacam-macam mulai dari tidak ada teman sepantaran, tidak cocok dengan pembina, latihan terlalu keras, ataupun sibuk kerja. Hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan ketika kita absen terlalu lama? Apa saja kerugian kita? Bagaimana cara mengejar ketinggalan tersebut? Berikut ini penulis ingin berbagi sedikit tentang pengalamannya absen penuh selama 1.5 tahun.

Seringkali praktisi kyokushin dihadapkan pada situasi yang mengharuskan absen latihan untuk waktu yang lama


Pada Pada awal tahun lalu, penulis pindah pekerjaan ke jakarta. Di sana penulis segera mencari dojo pengganti dan mulai aktif latihan. Tapi karena kesibukan yang berlebihan, bahkan sering lembur hingga jam 10 atau 11 malam, membuat badan kecapekan dan tidak bisa berlatih walaupun di weekendnya. Akhirnya penulis memutuskan untuk benar-benar vakum dari latihan ke dojo. Kemudian sebulan kemudian, push up yang sering dilakukan ketika bangun pagi pun tidak lagi dilakukan.

Berikut ini ciri-ciri orang yang absen latihan penuh, dalam artian benar-benar tidak datang sama sekali:



1. Stamina menurun dan jadi mudah lelah
Pada kyokushin, sesi pertama diisi oleh latihan gerakan basic, yaitu gerakan memukul dan menendang yang dilakukan 20-30 kali per gerakan. Total jenis serangan standard di kyokushin ada sekitar 20-30 jenis gerakan, diantaranya ada yang sangat menguras tenaga seperti tendangan belakang. Pada sesi ini gerakan dilakukan dengan 100% tenaga dan jika dilakukan dengan benar dan bertenaga akan sangat melelakan. Walaupun hal ini gerakan standard, tapi latihan inilah yang membuat stamina para praktisi kyokushin menjadi kuat. Jika praktisi kehilangan ini, maka stamina akan menurun drastis.



2. Daya tahan tubuh berkurang
Tubuh manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang dapat ditingkatkan dengan berolahraga. Hal ini yang menyebabkan kebanyakan olahragawan tidak mudah terserang penyakit.



3. Massa otot berkurang
Ketika praktisi berlatih, maka massa otot akan terbentuk sesuai dengan gerak latihan. Contoh, jika sering melakukan seiken chudan cuki (pukulan arah lurus ke depan, tidak langsung ditarik), maka punuk pun akan terlatih dan membesar secara otomatis. Contoh lainnya adalah jika sering melakukan uraken sinta cuki (uppercut), maka daerah sayap akan membesar. Hal ini dapat dibuktikan ketika seorang praktisi yang baru atau yang sudah lama absen, kembali latihan. Sehari setelah latihan pertama, otot2 tersebut akan kemeng-kemeng (pegal2 dan nyeri ketika digunakan). Fenomenanya sama seperti orang fitness.
Ketika praktisi lama tidak berlatih, massa otot tersebut akan berkurang perlahan.

Bagaimanakah cara mengejar ketinggalan tersebut? Caranya adalah dengan tidak memaksakan diri dahulu. lakukan tidak dengan 100% tenaga pada latihan pertama. Besok harinya pasti terasa kemeng-kemeng. itu artinya baik, dan latihan berikutnya, porsi latihan bisa dinaikkan hingga akhirnya kembali normal. Baca juga tentang apa yang harus dilakukan dan dihindari saat sebelum dan sesudah latihan agar membuat latihan menjadi lebih optimal.

Kesimpulannya, berlatih kyokushin itu membawa banyak manfaat. Diluar dari sisi bekal untuk membela diri, berlatih kyokushin merupakan olahraga yang sangat baik karena tergolong olahraga yang menggunakan banyak tenaga dan membuat banyak keringat keluar.

Semoga bermanfaat dan selamat berlatih.

Oss!
Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Akibat Absen Lama di Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://kyokushinpemula.blogspot.com/2013/09/akibat-absen-lama-di-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg