Fighter In The Wind, Film Biografi Kyokushin

Posted by Syauqi Sunday, December 15, 2013 3 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Fighter In The Wind, Film Biografi Kyokushin

Film ini diangkat dari kisah nyata perjalanan hidup Masutatsu Oyama dalam menemukan jati diri sekaligus cikal bakal dari kyokushin. Dimulai dengan latar belakang Perang Dunia ke-2, hingga ketika beliau turun gunung dan menjadi sosok tak terkalahkan di seluruh Jepang. Film ini dirilis di tahun 2004 dan segera menjadi film dengan peringkat ke-7 pendapatan kotor terbanyak di tahun 2004. Film ini dikenal juga dengan judul Baramui Paito. Hingga saat ini, film ini adalah satu-satunya film sejarah dokumenter yang menceritakan lengkap tentang Kyokushin. Termasuk didalamnya, perang, politik, sejarah, amarah, semangat bushido, dan tidak ketinggalan, asmara. Film ini bisa didapatkan berupa DVD di sini. Berikut ini ulasannya.

DVD Film Dokumenter Kyokushin, Fighter in the wind.
Intro
Adegan dimulai di padang rumput tinggi, dimana Choi Yeung Eui(Choi Bae-dal) yang diperankan oleh Yang Dong-geun, nama asli Masutatsu Oyama, memasuki arena perkelaihan dimana di tiap sisi arena sudah berbaris banyak karateka dan samurai berpakaian hitam, lengkap dengan pedang di pinggang. Adegan perkelahian pun dimulai. Tapi setelah beberapa lawan dikalahkan oleh Bae-dal, pemirsa diajak flash back jauh ke belakang ketika semua ini bermula.


Cerita dimulai pada masa perang dunia ke-2. Pada masa itu, sedang gencar-gencarnya ajakan untuk menjadi pilot. Bae-dal pun tertarik dan memutuskan ikut. Dalam perjalanannya, beliau bertemu dengan Chun-bae, seorang warga korea yang berprofesi sebagai pencopet jalanan. Chun-bae pun ingin bergabung dengan angkata udara agar terhindar dari yakuza yang sedang mengejar dia. Berdua, mereka masuk ke dalam camp pelatihan. Di sana Bae-dal bertemu dengan pemimpin camp yang bernama Kato, serorang yang juga gemar beladiri. Ketika itu, kato baru saja selesai mengalahkan dua orang, dan dua orang tersebut akhirnya dapat dikalahkan dengan mudah oleh Bae-dal. Kato sangat terkesan.

choi baedal, tokoh utama dalam film fighter in the wind.

Pada kesempatan lain, Bae-dal dan Chun-bae membuka sebuah pachinko dan mendapat penghinaan dari yakuza lokal tapi Bae-dal tidak bisa melawan bahkan kalah dan dipermalukan di depan umum. Dari situ Bae-dal bertemu dengan Bum-soo, seorang warga korea yang ahli bela diri yang mempunyai acara sirkus. Bae-dal pun diajak untuk ikut di acara sirkusnya. bae-dal tertarik dengan beladiri yang dimiliki oleh Bum-soo. Setelah Bae-dal memohon, akhirnya Bum-soo bersedia mengajari Bae-dal ilmu beladirinya.

Bum-soo, tokoh penting yang sempat menjadi guru dari choi baedal.

Disini yang menarik. Setelah belajar beladiri dari Bum-soo, di suatu kesempatan, Bae-dal berhasil menggunakan ilmu beladirinya untuk melindungi Yoko, seorang warga Jepang dari pemerkosa. Berita pun menyiarkan kisah itu dan sejak saat itu Bae-dal sering membela kebenaran dengan ilmu beladirinya, tapi tetap menyembunyikan identitasnya agar dirinya tetap aman. Tak lama kemudian, Bae-dal menjadi sesosok pahlawan bagi warga sekitar.

Yoko, sosok wanita Jepang yang ditolong oleh Bae-dal.

Pada suatu ketika, Bum-soo dibunuh oleh yakuza lokal. Semua bersedih dan seluruh anggota sirkus tidak terima dan menyerang markas yakuza tersebut. Pada saat itu, kepala Bae-dal terpukul sangat keras dan pingsan, tapi dia selamat. Semenjak saat itu, Bae-dal membuat sumpah pada dirinya sendiri, bahwa mulai saat itu, dia tidak akan pernah kalah dalam perkelahian. Bae-dal pun membulat tekadnya dan meninggalkan segalanya untuk berlatih di gunung dan melatih tubuh dan mentalnya dengan sangat keras.

Adegan terfavorit dari film Fighter in The Wind, ketika Bae-dal turun dari gunung.

Bagaimanakah kelanjutan ceritanya? Berhasilkan Bae-dal melatih dirinya? Seperti apakah latihan keras yang dialami oleh Bae-dal? Cerita semakin seru ketika Bae-dal kembali dari gunung dan mendatangi seluruh dojo di Jepang. Saksikan kelanjutannya.

Adegan perkelahian ketika choi baedal mengamuk menyerang markas yakuza beserta sahabat-sahabat dari sirkus.
tangan kosong melawan pedang yakuza?
choi baedal beraksi. cepat, tapi mematikan.
Ketika choi baedal kembali dari latihan di gunung (mountain training).

Segala lawan dikalahkan, tak peduli aliran apa, dan dalam kondisi apapun.

Ketika choi baedal harus melawan puluhan orang dengan tangan kosong.

Hidup mati ditentukan oleh hasil perkelahian ini.

Choi baedal, tokoh pendiri kyokushin karate yang mendunia.

Pada catatan sejarah, Bae-dal atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Masutatsu Oyama telah mengalahkan lebih dari 270 ahli beladiri dan hampir semuanya dikalahkan dengan satu serangan. Dalam setiap perkelahiannya, tidak ada perkelahiannya yang melebihi 3 menit. Beliau dijuluki the God Hand, sebuah manifestasi dari filosofi pejuang jepang yang berbunyi ichi geki hissatsu, yang artinya satu serangan, satu nyawa melayang. Beliau juga telah menyelesaikan 300 man kumite, yaitu kumite satu lawan satu, digilir melawan 300 orang tanpa berhenti.

Selamat menonton.

Oss!
Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Fighter In The Wind, Film Biografi Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2013/12/fighter-in-wind-film-biografi-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 comments:

ustad omen'Z said...

Keren gan nh film..... mantap.....
Kesungguhan n megigihan bisa menjadi tolak ukur dalam sebuah kesuksesan meraih yg namannya cita".....

Syauqi said...

banget... berkesan sekali gan. pencapaian harus ditempuh dengan kegigihan... saya paling suka adegan waktu beliau turun gunung, gak bosan2 walau ditonton berkali-kali... :D
oss.

Rivaldy putra pratama said...

Ini film udah di tonton berkali-kali gabisa bikin gue bosen💪

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg