About Me

Posted by Syauqi Monday, January 13, 2014 0 comments
Oss!

Penulis adalah seorang praktisi beladiri aliran Kyokushin. Penulis memang senang dengan dunia beladiri dari kecil. Semenjak duduk di bangku sekolah dasar, penulis mengikuti beladiri silat Tapak Suci selama beberapa tahun kemudian berganti ke Wushu karena dikenalkan oleh kerabat dari orang tua. Dan ketika duduk di bangku SMA, penulis mengikuti beladiri kung-fu di sekolahnya.

Semua beladiri yang diikutinya itu adalah bagian dari program ekstrakurikuler dari sekolah. Tidak ada yang diikuti secara khusus. Begitu pula ketika duduk di bangku kuliah, penulis mulai kenal dengan beladiri kyokushin. Ketika itu pun alasannya adalah karena UKM kyokushin adalah UKM yang paling menarik dari UKM lain yang ada, termasuk Tae Kwon Do.

Penulis juga sempat berhenti latihan setahun karena mental yang down karena lawan sparring yang besar-besar dan ganas-ganas sehingga penulis yang masih bersabuk biru menjadi ciut nyalinya. Sistem full body contact yang keras juga menjadi salah satu alasan.

Tapi setelah setahun berhenti, timbul keinginan untuk latihan lagi karena mental sudah kembali normal dan kangen akan latihan-latihan yang dulunya dirasa berat. Semenjak saat itu, penulis aktif terus hingga sekarang dan sudah sepuluh tahun lebih semenjak pertama kali berlatih.

Semakin lama berlatih, penulis semakin menyadari bahwa kyokushin tidak selalu harus berbadan besar, brutal, dan selalu menerima pukulan, tetapi juga harus cerdas dan bermental baja. Selama ini, penulis sudah membuktikan itu. Kecerdasan perlu digunakan untuk membaca serangan lawan dan menggunakan serangan yang tepat untuk menyerang balik atau mendahuluinya. Tapi yang terpenting dari itu semua adalah mental, karena jika mental lemah, terkena pukulan sedikit saja, pasti akan ciut nyalinya, walaupun besar badannya.

Penulis bukan seorang yang pintar dan langsung bisa dalam berbagai gerakan dan serangan. Tapi penulis seorang yang tipikal perlu waktu lama dalam belajar dan memiliki badan yang kurang proporsional untuk kyokushin. Tapi itu bukan hal yang mencegah seseorang untuk menjadi karateka yang baik. Terbukti dari semenjak mengikuti beberapa latihan intensif yang keras untuk pertandingan, penulis merasa mengalami banyak peningkatan berupa gerakan, reflek dan kemampuan, walaupun tidak sangat bagus. Dan yang paling penting adalah peningkatan mental, sehingga jika melawan musuh yang lebih kuat, ataupun ketika terdesak masih tidak down seperti dulu lagi.

Hal-hal itu yang membuat penulis jatuh cinta pada beladiri kyokushin, suatu aliran ilmu yang bisa terus dipelajari dan walaupun dipelajari puluhan tahun pun, tetap ada hal yang bisa dipelajari, baik itu berupa sempurnanya serangan, fisik yang semakin baik, kesehatan, reflek, maupun filosofinya. Selain itu, hampir semua orang-orang kyokushin juga punya jiwa hormat dan harga diri yang tinggi sehingga membuat penulis merasa nyaman berada diantara mereka.

Hingga kini, penulis masih tergolong pemula dan aktif berlatih serta terus belajar. Di blog ini, penulis hanya ingin menceritakan pengalamannya dalam berlatih termasuk tips-tips yang dialami sendiri. Bukan berarti metode, tips ataupun tutorial di sini adalah yang terbaik, tapi semoga bisa menjadi referensi dan petunjuk, terutama untuk para pemula.

Oss!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: About Me
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/01/about-me.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg