Kento, Rahasia Pukulan Kyokushin

Posted by Syauqi Saturday, July 7, 2012 5 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Kento, Rahasia Pukulan Kyokushin

Dalam dunia kyokushin, penggunaan tangan dalam basic maupun perkelahian sangat dominan, sementara tendangan hanya digunakan kurang dari separuhnya karena tenaga yang diperlukan untuk tendangan jauh lebih besar.

Bentuk tangan dalam kyokushin sangat beragam, mulai dari pisau tangan (shuto), punggung tangan (uraken), kepal tangan (seiken), tusukan jari(nukite), pangkal jempol (haito),  sisi kepal tangan (haito), dan masih banyak yang lainnya. Tapi yang paling dominan dan menjadi andalan adalah bentuk kepalan tangan atau yang lebih sering disebut seiken, dan bagian yang dipukulkan adalah kento.


Bentuk-bentuk pukulan dalam kyokushin

Dalam bahasa jepang, Kento berarti pangkal jari telunjuk dan jari tengah. Bagian dari kepalan tangan inilah yang berbenturan dengan badan lawan. Mengapa bentuk ini yang dipilih? Selain hasil eksplorasi dari pendiri Kyokushin ini sendiri, bentuk anatomi tulang lengan manusia juga ikut mendukung. Tulang jari dari pangkal jari telunjuk dan jari tengah itu menopang sempurna dan membentuk satu garis lurus, hal ini membuat daya rusak menjadi maksimal dan dapat masuk dalam ke badan lawan.


Perbandingan cara memukul yang benar dan yang salah

Itulah mengapa dalam kyokushin, kento dilatih sedemikian rupa dan menjadi bagian tangan yang dipukulkan ke badan lawan. Push up pun selalu menggunakan kento sebagai alas. Awalnya push ini sulit dilakukan, tapi lama kelamaan, kulit di bagian kento pun akan menebal kapalan, dan tulangnya menjadi lebih padat.

cedera pada pergelangan tangan
Tapi, kebanyakan orang yang belum terbiasa, akan lebih mudah memukul dengan menggunakan pangkal jari tengah, manis, dan kelingking. Hal ini akan membuat struktur tulang tidak bisa menopang dengan benar karna tidak berada pada satu garis lurus. Sehingga bila dilakukan dengan kecepatan dan kekuatan tinggi, akan membuat cedera fatal pada pergelangan tangan dan ketiga ruas jari tersebut.

Jadi, dengan menggunakan kento, kita bisa benar2 memasukkan daya rusak maksimal ke tubuh lawan tanpa membuat tangan kita cedera. Setelah bentuk tangan ini benar, latihan bisa dilanjutkan ke tehnik berikutnya, yaitu jalur pukulan searah anak panah, Gerakan bahu yang mengikuti lengan, dan sentakan sesaat sebelum mengenai target.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kento, Rahasia Pukulan Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2012/07/kento-rahasia-pukulan-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 comments:

Unknown said...

Permisi, mau membetulkan; bukan sebnarnya salamnya bukan "oss!", tetapi "osu!". Namun cara membacanya "os". makasih

Syauqi said...

Oss!

Terima kasih masukannya.

Osu berasal dari bahasa Jepang dimana dalam tata bahasa Jepang tidak ada stopping words, sehingga bagian belakang selalu mengambang. Sedangkan bahasa kita memiliki stopping words. Sehingga keduanya akan berbeda.

Pada kancah Internasional yang dipakai adalah Osu, tetapi cara mengucapkannya tetap oss. Tetapi untuk di indonesia saya melihat warga kita lebih umum menggunakan Oss, sehingga agar lebih familiar, saya menggunakan Oss juga, bukan Osu.

Oss!

Unknown said...

Nice, admin!! Saya juga praktisi beladiri karate, tapi bukan kyokushin.

Unknown said...

Say praktisi pencak silat namun saya suka juga karate kyokusin dari film fighter in the wind

Unknown said...

Kalau mau mulai belajar kyokusin dari mana dulu ya bro? ,Saya tertarik sekali dalam belajar bela diri kyokusin

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg