Ushiro Geri Pada Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Saturday, February 22, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Ushiro Geri Pada Kyokushin Karate

Ushiro Geri, yang dikenal juga dengan nama back kick ini merupakan tendangan yang sangat ampuh untuk men-KO lawan karena daya rusaknya yang tinggi. Bagaimana cara melakukan tendangan ini? Bagaimana agar tendangan ini menjadi sangat akurat? Apa saja variannya? berikut ini akan diulas tentang bagaimana cara melakukan ushiro geri yang efektif.

Tendangan Ushiro Geri seperti ini bisa berakibat fatal pada rusuk.

Ushiro geri adalah tendangan yang dilakukan dengan memutar tubuh dengan tendangan menusuk lurus ke tubuh lawan. Sasarannya adalah kepala, dagu, dada, rusuk, atau perut lawan. Dikenal juga dengan nama back kick, karena tendangan ini dilakukan ke arah belakang.

Tendangan ini tergolong agak sulit, terutama untuk pemula yang akan kesulitan untuk mengatur keseimbangan badan ketika puncak tendangan. Hal ini wajar karena tendangan ini menggunakan putaran tubuh disertai dengan lontaran tendangan. Untuk yang tidak terbiasa, akan cukup pusing terkena efek putarnya. Oleh karena itu, untuk mempermudah pemula, tendangan ini diajarkan dengan dibagi menjadi tiga bagian.

1. Langkah pertama, yaitu dari posisi soshuno kamae (posisi berdiri standard pada perkelahian), putar badan hingga punggung menghadap lawan. Posisi ini akan berakhir dengan pinggang ke atas tetap tegak, kemudian kedua kaki dalam posisi ditekuk.

2. Langkah kedua, angkat kaki belakang ke atas sehingga membentuk seperti kaki burung bangau. Posisikan kaki tersebut untuk dilontarkan ke arah belakang.

3. Langkah ketiga, lontarkan kaki belakang tersebut ke arah lawan. Mulailah dengan target setinggi perut lawan. Condongkan badan ke arah depan (menjauhi lawan) supaya mengimbangi keseimbangan bobot kaki yang dilontarkan ke arah sebaliknya.

Dengan tiga langkah itu, anda sudah bisa melakukan tendangan ushiro geri. Terus latih tiga langkah itu sampai anda terbiasa dengan posisi seimbang (tidak miring-miring kemudian jatuh). Setelah itu, perbaiki akurasi tendangan supaya lebih tertuju pada satu titik. Dan setelah itu semua sudah baik, lakukan ketiga gerakan tersebut menjadi satu, artinya jangan terlalu terpaku dengan harus melakukan tiga gerakan tersebut secara patah-patah, tapi lakukan langsung sehingga tidak terlihat pemberhentian gerakan antar langkah 1 2 dan 3.

Setelah melakukan tiga langkah tersebut selama sekitar satu atau dua minggu, praktekkan dengan menggunakan target. Target untuk ushiro geri ini bisa dengan membuat makiwara sederhana. Tutorial cara membuatnya bisa dilihat disini . Karena selain tidak perlu merepotkan orang lain untuk memegangi target, akurasi dan jauh pendeknya tendangan bisa lebih terukur karena tembok tidak bergerak.

Berikut ini video tutorial dari gerakan tendangan ushiro geri:


Tendangan ini cukup keras, karena menggunakan putaran tubuh sehingga landas pacu tendangan menjadi lebih panjang. Hampir semua tendangan ushiro geri yang masuk telak, akan membuat lawan KO seketika dengan kehabisan napas atau tidak sadarkan diri. Tapi walaupun tendangan ini cukup keras dan mematikan, tendangan ini cukup sulit dilakukan, memakan banyak sekali tenaga karena perlu menggerakkan banyak bagian tubuh, dan tingkat akurasi yang cukup rendah terutama ketika tubuh kelelahan.

Salah satu cara agar tendangan ini tidak terbaca lawan adalah menggunakan prinsip aji mumpung, yaitu dengan melakukan ushiro geri ketika tubuh kita kebetulan lagi condong. Misalkan saja setelah kita memukul seiken dan tertangkis ke samping sehingga badan kita menghadap samping, maka momen inilah yang terbaik untuk melakukan ushiro geri dengan cara meneruskan laju tubuh kita yang melenceng, memutar tubuh, mengangkat kaki, kemudian lontarkan tendangan.

Untuk memperoleh reflek tendangan yang bisa melontarkan tendangan di saat-saat seperti itu, kita harus melakukan tendangan ushiro geri ini beratus-ratus kali atau beribu-ribu kali. Masih ingatkah kita dengan pepatah Bruce Lee yang sering disebut-sebut pada awal-awal blog ini?

Pepatah dari bruce lee yang sederhana, tapi merupakan hal penting bagi seorang praktisi beladiri terutama karateka

Salah satu varian dari tendangan ini adalah ushiro geri pendek. Yaitu ushiro geri dengan kaki serang yang tidak diluruskan. lalu dari mana daya serangnya? yaitu tetap dengan menggunakan telapak kaki, tapi ditambah dengan laju berat badan dan sedikit lompatan.

Caranya adalah dengan melakukan ushiro geri seperti biasanya, tapi di tahap akhir kaki tidak ditendang seperti biasa, melainkan hanya diputar sedikit sehingga telapak kaki menghadap rusuk lawan, sisanya serahkan kepada kaki bawah yang melompat sedikit untuk mendorong badan melaju ke depan seperti pegas.

Varian ini jarak serangnya sangat pendek, oleh karena itu pastikan kaki yang menendang berada pada posisi tinggi, karena rawan terkena kemaluan. Pastikan juga tangan tetap tinggi menutupi dada dan rusuk karena jika tendangan ini tidak berhasil gol, posisi lawan akan mudah melontarkan serangan balasan berupa seiken (kepalan tangan) dan uraken (uppercut).

Selamat mencoba!

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ushiro Geri Pada Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/02/ushiro-geri-pada-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg