Hiza Geri Tendangan Lutut Di Kyokushin

Posted by Syauqi Sunday, February 9, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Hiza Geri Tendangan Lutut Di Kyokushin

Hiza geri adalah tendangan yang cukup terlihat keren jika dilakukan. Karena serangan akan terlihat lebih telak, terlebih lagi ketika tubuh lawan ikut terdorong akibat laju lutut yang biasanya disertai gerakan badan. Tapi kenapa tendangan ini cukup jarang kita temukan pada pertandingan-pertandingan atau sapring di dojo? bagaimanakah tehnik melakukannya? bagaimana bentuk kakinya? Bagian mana dari lawan yang diserang? Berikut ini akan dibahas tentang hiza geri atau tendangan menggunakan lutut pada Kyokushin.

Tendangan Hiza Geri ke arah badan lawan.

Hiza artinya lutut, Geri artinya tendangan. Hiza geri artinya tendangan yang dilakukan dengan menggunakan lutut. Bagian tubuh yang dipukulkan adalah lutut. Bagian tubuh lawan yang diserang bisa bermacam-macam, antara uluh hati, rusuk, perut, sampai kepala. Cara melakukannya adalah dari posisi normal, lutut diangkat ke arah dagu lawan.

Hiza, yaitu bagian kaki yang terkena tubuh lawan ketika melakukan Hiza Geri

Dalam gerakan basic di setiap latihan, hiza geri diajarkan dengan cara hanya mengangkat kaki ke atas. Tapi jika kita sudah terbiasa, maka kita perlu melakukan beberapa penyesuaian. Secara anatomi, gerakan hiza ini hanya akan membuat lintasan melingkar ke atas dan bertumpu pada panggul. Sehingga tendangan ini jika dilakukan secara biasa, hanya akan menghantam selangkangan lawan, sedangkan dagu ada di atas yang secara gerakan, tidak terjangkau. Belum lagi terhalang perut lawan sebelum menuju ke dagu.

Berikut ini cara melakukan hiza geri ke arah kepala:

1. Bergerak maju ke samping lawan, kemudian baru tendang
Lintasan lutut tidak akan terhalang oleh selangkangan atau perut lawan lagi. ketika lutut keatas, tubuh lawan pertama yang ditemui adalah dagu lawan. Tapi gerakan ini perlu dilatih karena lama dan lambat. Lama karena membutuhkan dua langkah, yaitu bergerak ke samping, kemudian menaikkan lutut. Lambat karena tendangan ini menggerakkan banyak bobot tubuh.

2. Kait leher lawan, dan bawa turun
Karena lintasan lutut terhalang perut, dan tinggi kepala cenderung lebih tinggi dari ketinggian lutut walaupun dinaikkkan maksimal, maka untuk melakukan hiza geri, kadang kepala lawan harus diturunkan dengan cara mengait leher dan menariknya ke bawah sehingga kepala berada dalam jangkauan lutut dan tepat berada dalam lintasannya.

Berikut ini variasi dari hiza geri
1. Menyerang rusuk dari samping menggunakan lutut bagian samping. Cara melakukannya dengan cara menaikkan lutut tinggi-tinggi ke samping rusuk, kemudian menabrakkannya ke rusuk. Bila dilatih, cara ini lumayan mengejutkan terutama dengan bobot lutut yang berat.

2. Menyerang rusuk dari samping menggunakan lutut bagian depan. Disebut juga Mawashi Hiza Geri. Cara melakukannya adalah dengan cara menendang rusuk lawan dengan gerakan memutar mirip dengan mawashi geri, hanya saja, yang digunakan adalah lutut.

Mawashi Hiza Geri. Serangan lutut memutar dari arah samping

3. Melakukan tendangan dengan lutut dan dalam posisi melompat. Gunakan daya dorong untuk menambah daya rusak. Variasi ini akan maksimal jika dilakukan oleh orang yang lompatannya tinggi.

4. Melakukan tendangan dengan lutut dengan menaiki paha lawan. Tendangan ini sangat jarang, tetapi penulis pernah melihat seorang kyokushin yang menggunakannya pada pertandingan kelas dunia. Beliau adlah Norichika Tsukamoto.

Aksi Norichika Tsukamoto ketika menggunakan Hiza Geri lompat.

Jangan lupa untuk selalu meluruskan telapak kaki agar lurus sejajar dengan sune atau lutut kering, karena bagian ini sering tersangkut pada kemaluan atau pada kaki lawan dan mengakibatkan cedera.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Hiza Geri Tendangan Lutut Di Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/02/hiza-geri-tendangan-lutut-di-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg