Yoko Geri, Tendangan Samping Di Kyokushin

Posted by Syauqi Saturday, February 15, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Yoko Geri, Tendangan Samping Di Kyokushin

Tendangan ini lain dari tendangan yang lain, karena tendangan ini adalah tendangan satu-satunya yang dilakukan dari samping. Bagaimana cara melakukannya? Bagaimana cara melatihnya? Apa saja varian dari tendangan ini? Berikut ini ulasannya.

Posisi puncak dalam tendangan yoko geri

Yoko artinya samping, sedangkan geri artinya tendangan. Yoko geri adalah tendangan yang dilakukan dari samping. bagian yang dipakai adalah cusoku (pisau kaki), telapak kaki, atau bisa juga kakato (tumit). Sasaran yang dituju bisa rusuk, uluh hati, perut, ataupun kepala.

Tutorial step by step untuk melakukan yoko geri

Bentuk dasar dari tendangan ini cukup mudah. Pertama-tama, dari posisi sosuno kamae (posisi normal dalam perkelahian) tekuk lutut hingga maksimal, dengan kata lain, tumit hampir menyentuh pangkal paha. Hal ini ditujukan untuk mengumpulkan power tendangan. Makin dekat telapak kaki ke pangkal paha, semakin besar daya yang nanti terlontarkan. Lakukan hal ini dengan memiringkan badan ke arah lawan. Jadi ketika gerakan pertama ini selesai, posisi badan sudah menyampingi lawan.

Yang kedua, lontarkan kaki ke arah lawan, disertai berat badan sehingga daya dorong maksimal. Jangan lupa untuk condongkan tubuh menjauhi lawan untuk mengimbangi kaki. Jika benar, maka telapak kaki pijakan kita akan cenderung membelakangi lawan (jari jemari akan ke arah menjauhi lawan). Hal ini selain untuk menjaga keseimbangan, juga mengimbangi laju tendangan, karena ketika melakukan yoko geri, badan cenderung bergeser ke depan dan rawan jatuh terpeleset. Jangan lupa untuk menarik kembali kaki yang menendang untuk memperoleh keseimbangan dan antisipasi gerakan berikutnya.


Puncak dari tendangan ini adalah ketika kaki lurus, jadi aturlah jarak supaya ketika tendangan mencapai puncak, telapak kaki bisa tepat bersentuhan dengan tubuh lawan. Jika tidak tepat, maka ada dua pilihan, jika tidak anda yang terdorong jatuh ke belakang, maka tubuh lawan yang akan terdorong mundur.

Salah satu varian dari yoko geri ini, bisa disamarkan dengan tendangan Mae Geri.ketika chusoku (pangkal jemari kaki) sudah setengah jalan, dan ketika lawan mengira itu adalah mae geri dan mundur, kita bisa rubah jalur tendangan itu menjadi yoko geri.

Selain itu, kita bisa lakukan Gedan Mawashi Geri tipuan, dan ketika lawan mundur untuk menghindar, kita rubah jalur tendangan itu menjadi yoko geri. Posisi kaki yang berada diantara kita dan lawan mempermudah posisi awal untuk yoko geri.

Untuk awal, lakukan tendangan setinggi perut, jika sudah terbiasa dan tehnik sudah benar, maka lakukan setinggi dada kemudian kepala.

Selamat Mencoba.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Yoko Geri, Tendangan Samping Di Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/02/yoko-geri-tendangan-samping-di-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg