Cara Memukul Makiwara Yang Efektif | How to Use Makiwara

Posted by Syauqi Saturday, August 17, 2013 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Cara Memukul Makiwara Yang Efektif | How to Use Makiwara

Ada banyak cara untuk bermain-main dengan makiwara, tapi penulis ingin berbagi tentang cara memainkan makiwara versi penulis. Bisa dilihat juga artikel tentang Cara membuat makiwara sederhana buatan sendiri

Ketika kita belum pernah latihan target, maka akurasi untuk menyentuh target itu sendiri saja bisa menjadi kendala pertama. Oleh karena itu kita bagi tutorial ini menjadi dua bagian:

1. Pertama-tama, kita latih otot-otot kita supaya bisa menyentuh makiwara ini. Bila ingin melatih ushiro, maka lakukan bentukan ushiro dengan benar dulu, sentuh makiwara, dan turunkan pelan-pelan. Jika ada gerakan limbung, hilang keseimbangan, sasaran makiwara tidak dikenai, itu wajar, artinya otot-otot kasar kita sedang membiasakan dengan gerakan itu. Lakukan hal ini sampai kaki tidak pernah meleset lagi dari makiwara. Jangan melakukan dengan power terlebih dahulu, karena power di awal-awal akan merusak bentuk dan memperlama proses belajar.


Cara melakukan ushiro geri yang benar. Gerakan ini harus disempurnakan oleh target, salah satunya dengan makiwara.

2. Kedua, Ketika otot-otot kasar kita sudah bisa menggerakkan kaki kita dari lantai menuju target, ini saatnya kita melatih otot-otot halus kita.

Perbedaan otot-otot halus dan kasar ini sama seperti kita mencoba menyalakan lampu dengan menggunakan kaki. Awalnya kita akan kesulitan mengangkat kaki kita, setelah kita bisa mengangkat kaki setinggi saklar pun, kita masih harus menggerakkan otot-otot halus kita untuk menekan saklar lampu yang cukup sensitif, sedangkan kita biasa menggerakkan kaki kita untuk menekan saklar dengan lembut. Itulah otot-otot halus.

Coba lakukan hal-hal berikut ini untuk melatih otot-otot halus kita:

a. Mengenai Target Dengan Lembut.
Ketika kaki sudah tidak pernah meleset lagi, kita biasakan untuk mendaratkan kaki kita pada terget dengan pelan dan stabil. Lakukan sampai kita sudah bisa meletakkan kaki kita pada target dengan kondisi yang sama (jika masih kadang mudah kadang sulit, berarti kita masih belum stabil)

b. Gerakan Sedikit Mendorong Pada Target
Sampai tahap ini, power jangan dipakai, tetap gunakan tehnik. Ketika kaki sampai pada target, coba beri sedikit gerakan mendorong ringan pada target. Hal ini membuat kita tahu kapan harus menggunakan power ketika menggunakannya secara full power. Momentum mendorong itu nantinya akan diganti dengan ledakan power ketika kumite.

c. Lakukan dengan acak
Untuk mengetes kestabilan gerakan kita, lakukan secara acak dan bergantian, kanan-kiri-kiri-kanan-kanan-kanan-kiri-kanan-kanan-kanan-kiri. Dan lakukan pada posisi tidak siap. Misalkan, ushiro tadinya kita membelakangi lawan, coba lakukan dengan menghadap lawan terlebih dahulu, dengan jarak berbeda-beda.

d. Beri Sedikit Power dan variasi khas kita
Coba beri sedikit power, tapi penulis sendiri tetap tidak menggunakan power karena suara ‘bum’ ‘bum’ akan mengganggu kamar lain. Penulis hanya menambah variasi jarak dan arah ushiro.

Hasil
Penulis sendiri yang membuat dan menggunakan makiwara ini. Setiap pulang kerja, hanya melakukan 3-4 set sebelum mandi, dan hasilnya cukup memuaskan. Dari akurasi yang parah, sekarang sudah bisa melakukan ushiro dari jarak dekat secara reflek dan tepat sasaran. Latihan baru berjalan sekitar 2 bulan. Tapi hasil pasti akan jauh lebih memuaskan kalau dilakukan lebih intensif dan dengan pengulangan lebih banyak.

Selamat Mencoba!

Oss!
Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Memukul Makiwara Yang Efektif | How to Use Makiwara
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2013/08/cara-memukul-makiwara-yang-efektif-how.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg