Mawashi Geri Tendangan KO Kyokushin

Posted by Syauqi Friday, January 10, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Mawashi Geri Tendangan KO Kyokushin

Mawashi geri dikatakan sebagai tendangan KO dalam kyokushin. Bisa dilihat dari video-video di youtube bahwa hampir semua KO dikarenakan tendangan ini. Chuck Norris juga sempat mempopulerkan tendangan ini dengan sebutan Roundhouse Kick. Mengapa tendangan ini sebegitu hebatnya? bagaimanakah cara melakukannya? Apa rahasianya? dan bagaimana melatihnya? berikut ini akan dijelaskan tentang seluk beluk mawashi geri.

Tendangan Mawashi Geri, tendangan yang banyak mencetak KO

Mawashi artinya melingkar, geri artinya tendangan. Jadi mawashi geri artinya adalah tendangan yang melingkar dari samping. Bagian kaki yang dipukulkan adalah cusoku, yaitu pangkal jari-jari kaki. cara membentuknya adalah dengan menaikkan jari jemarinya ke atas sehingga pangkal jari-jari tersebut bisa mengenai badan lawan.

Cusoku, yaitu pangkal jari-jari kaki yang digunakan dalam mawashi geri

tendangan ini hampir sama dengan tendangan Mae Geri. Hanya saja, jika mae geri datangnya dari bawah, mawashi geri ini datangnya dari samping dengan cara memutar pinggul sehingga arah mae geri akan berbelok menjadi menyamping. bentuk dasarnya adalah kaki diangkat dan memlontarkan cusoku ke kepala lawan disertai memutar pinggul agar lintasan tendangan memotong kepala.

Step by step dalam melakukan mawashi geri

Tetapi, karena arah datangnya mawashi geri ini dari samping, maka kaki akan cenderung melakukan gerakan memutar dari samping. Hal ini bisa lebih dioptimalkan dengan cara mengangkat kaki ke depan, dan di momen-momen terakhir saja, baru memutar pinggul dan merubah haluan cusoku ke kepala. Karena lintasan memutar itu menjadi lebih singkat, maka cara ini akan membuat tendangan mawashi menjadi lebih cepat, ditambah dengan efek menipu karena lawan yang belum tahu gaya mawashi ini cenderung melindungi bagian depan dan bukannya bagian samping.

Tendangan mawashi yang ke arah kepala dinamakan mawashi jodan geri. Tapi tidak selalu ke arah kepala karena bisa juga ke arah rusuk dan dinamakan mawashi cudan geri. sedangkan ke arah  bawah mengenai paha dan disebut mawashi gedan geri. Untuk mawashi gedan geri, tidak lazim dilakukan, karena praktisi lebih memilih menggunakan haisoku atau punggung kaki, dan sune atau tulang kering.

Kenapa mawashi geri ini sering membuat KO lawan?
1. Jawabannya adalah karena selain power tidak hanya berasal dari tenaga otot, tapi juga dari putaran tubuh dan akumulasi berat badan yang ikut dimainkan.
2. Lintasan tendangan yang memotong kepala membuat dampak kerusakan menjadi lebih parah.
3. Kepala merupakan pusat segalanya. Di dalamnya ada otak yang memproses seluruh syaraf. Jika otak terkena guncangan, tubuh akan mudah kehilangan kesadaran, keseimbangan, dan lain sebagainya.

Untuk variasinya, tendangan mawashi ini bisa juga diarahkan ke uluh hati jika kita bisa bermain-main dengan footwork. Intinya kita bergerak ke arah samping lawan, dan menendang ke arah uluh hati. Bentuk cusoku yang tajam membuatnya bisa masuk telak ke uluh hati walaupun dihalangi oleh tangan. Untuk footwork akan dibahas pada lain kesempatan.

Selamat mencoba.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mawashi Geri Tendangan KO Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/01/mawashi-geri-tendangan-ko-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg