Sejarah Kyokushin Di Indonesia

Posted by Syauqi Sunday, September 29, 2013 2 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Sejarah Kyokushin Di Indonesia

Besarnya suatu organisasi, tidak lepas dari jasa-jasa para pendiri dan pengembangnya. Sama halnya dengan Kyokushin di Indonesia. Kyokushin di Indonesia saat ini telah tersebar menjadi 8 aliran, dan tersebar luas di seluruh pelosok negeri. Tentunya hal ini tidak terlepas dari jasa orang-orang yang membawa Kyokushin dari Jepang masuk ke Indonesia. Bagaimanakah awal mula sejarah pertumbuhan Kyokushin di Indonesia? Kisah ini sangatlah panjang, tapi penulis berusaha menyampaikan dengan redaksi sesingkat dan sebaik mungkin. Berikut ini ulasannya.

Shihan Nardi T. Nirwanto S.A. Pembawa Kyokushin Karate Ke Indonesia

1. Awal Mula keinginan Shihan Nardi T. Nirwanto S.A.
Kisah ini dimulai di sebuah kota kecil di kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur. Seorang pemuda dengan semangat yang gigih, tumbuh besar di sana. Beliau adalah Shihan Nardi T. Nirwanto S.A. Beliau semenjak kecil memang sangat gemar berolah-raga, mulai dari renang, sepak bola, bulu tangkis, dan khususnya body building. Hal ini tak lepas dari ayahnya yang juga mempunyai hobi serupa.
Ketika menginjak masa SMA di tahun 1957, Beliau mulai tertarik akan dunia seni beladiri. Saat itu beliau membaca salah satu majalah yang mengisahkan tentang kisah luar biasa dari Grand Karate Master Masutatsu Oyama yang sudah membuka dojo dan memiliki beberapa ratus anggota. Hal ini menarik hatinya karena Kyokushin mampu mengangkat nama karate untuk bangkit kembali, terutama di dunia Barat yang merupakan titik strategis untuk mengubah sesuatu menjadi mendunia.
Setelah perang dunia II, kepopuleran karate mulai digeser oleh Judo dan karate sendiri menjadi seakan-akan dikebiri oleh peraturan yang memperlunak karate sehingga menjadi sebatas olahraga dan tarian belaka. Namun, Masutatsu Oyama berhasil mengangkat kembali citra itu ke permukaan.


Founding Father dari Karate Full Body Contact System, Grand Master Masutatsu Oyama

2. Korespondensi dengan Masutatsu Oyama
Hubungan baik antara Shihan Nardi dengan Masutatsu Oyama ini berkat pertolongan Bapak Mas Agung yang baik hati, beliau adalah pemilik dari Toko Buku Gunung Agung yang saat itu menjadi toko buku terbaik yang terletak di wilayah Kwitang, jakarta Pusat. Bapak Mas Agung sering ke Jepang dalam rangka bisnis dan mencarikan alamat Masutatsu Oyama dan membantu hubungan korespondensi antara Shihan Nardi dengan Masutatsu Oyama. Bapak Mas Agung juga memberikan banyak sekali buku-buku mengenai Karate. Shihan Nardi muda pun sangat senang dan semakin bersemangat dalam mempelajari Karate.

3. Memperoleh Dan I
Mondar mandir Jakarta Surabaya tersebut dilakukan Shihan Nardi semenjak tahun 1959, dan kegiatan itu mempertemukannya dengan Yoshida Sensei dan segera menjadi teman sekaligus memberinya banyak petunjuk dalam dan landasan kuat dalam berlatih Karate. Setelah 3 tahun berlatih karate beserta falsafah hidupnya, maka pada awal tahun 1967 Shihan Nardi diberi gelar Dan I dengan penilaian dan kelayakan dari Yoshida Sensei.
Walaupun banyak olahraga dipraktekkan, tapi beliau jatuh hati pada karate ini. Salah satu sebabnya adalah falsafah hidup yang dengan kuat melandasi karate, yaitu Bushido atau Jalan Samurai. Falsafah ini pula yang membuat bangsa Jepang cepat kembali berdiri setelah kehancuran pada Perang Dunia II. Intisari Bushido sangat sesuai dengan jiwa muda dan idealisme Nardi, yaitu Mentalitas, Semangat, pengabdian, Loyalitas yang tidak membabi buta, Percaya diri sebagai modal untuk maju, Perkasa tapi rendah hati, Kehormatan Pribadi.

4. Masa-masa sulit Indonesia menerpa
Shihan Nardi lahir pada 1939. Saat itu beliau merasakan penjajahan Jepang yang begitu kejamnya, ditambah masa penjajahan oleh Belanda yang membuat kondisi Indonesia menjadi sangat kacau. Saat itu seluruh penduduk Karang Ploso terkena politik Bumi Hangus, yaitu membakar habis semua fasilitas-fasilitas agar tidak bisa dimanfaatkan oleh pihak musuh. Maka di tahun 1947, Shihan Nardi beserta seluruh penduduk keturunan pindah ke Batu, Malang.

5. Kelahiran Perguruan
Pada Tanggal 7 Mei 1967, Shihan Nardi menetapkan tanggal tersebut sebagai tanggal berdirinya perguruan. Dengan satu murid yang pertama dimilikinya, yaitu Hendro Wibowo, yang dengan sikap dan ketekunannya yang luar biasa, bersedia dan mampu menerima latihan yang begitu beratnya. Hal ini membangkitkan semangat Shihan Nardi bahwa masih ada remaja yang dengan semenuh hati bersedia mengikuti instruksinya dalam berlatih dasar-dasar karate. Hal ini membuat Shihan Nardi semakin percaya diri dan mempersiapkan diri lahir batin untuk menyebar luaskan Karate ini.
Pada tanggal tersebut, bergabung dua orang lagi yaitu Dwianto Setyawan dan St. Suprijadi, adik kandungnya sendiri. Pada hari inilah dimulai latihan terjadwal yang pertama, dan dua bulan kemudian, barulah Shihan Nardi membuka kelas latihan unuk umum. Diluar dugaan, hingga akhir tahun anggota perguruan sudah mencapai 150 orang. Saat itu latihan terdiri dari tiga gelombang, yaitu senin s/d kamis, selasa s/d jum’at, dan rabu s/d sabtu. Semuanya dimulai pukul 16:00 sampai 19:00. Para anggota perguruan sangat antusian dan bersungguh-sungguh dalam Latihan. Perguruan ini kemudian diberi nama “PEMBINAAN MENTAL KARATE – GO NO SEN”.

6. Halangan Bertubi-tubi Dalam Perjalanan ke Honbu, Tokyo
Pada tahun 1970, penyebaran perguruan sudah mencapai Malang. Dan semakin berkembang. Hal ini membuat Shihan Nardi semakin ingin untuk bisa lebih memperdalam kyokushin pada Special Black Belt Course For Instructors di Kyokushinkai-Kan International Karate Organization Tokyo sesuai dengan harapan dan saran Masutatsu Oyama, tapi terhalang oleh pembiayaan yang besar.
Namun, ketika Hendro Wibowo, murid pertamanya akan melanjutkan perjalanan ke Jerman Barat, Hendro memberikan bantuan tabungan dari kantongnya sendiri untuk Shihan Nardi, ayah dan pamannya juga  ikut membantu. Tapi uang itu tidak cukup untuk mencapai jepang, namun Shihan Nardi memberanikan dirinya untuk berangkat bersama Hendro Wibowo ke Singapura untuk menemui perwakilan Tokyo Honbu di Asia Tenggara, yaitu Peter Chong dengan janji bahwa ketika Hendro Wibowo akan ke Jerman Barat, akan terkumpul dana cukup untuk Shihan Nardi berangkat ke Jepang.
Namun ketika kiriman uang dari Indonesia sudah sampai, Shihan Nardi menyadari uang itu hanya cukup untuk tiket sekali jalan. Hal ini ternyata membuahkan masalah administrasi karena saat itu di Jepang, peraturan sudah sedemiian ketat. Jepang tidak mau menanggung beban bagi para pelajar, dimana ada kemungkinan harus dikembalikan ke Tanah Air dan tidak ada dana untuk kepulangannya. Sekali lagi, Shihan nardi menemui halangan.
Peter Chong pun seakan tidak perduli dan tidak ingin membantu kesulitan Shihan Nardi. Peter Chong malah menawarkan posisi asisten dan akan memberikan share untuk Shihan Nardi. Tapi Shihan nardi menolak secara halus. Belakangan Shihan Nardi tahu dari asesten yang bersimpatik terhadapnya bahwa alasan Peter Chong tidak ingin membantu adalah jika Shihan Nardi berhasil mengembangkan kyokushin di Indonesia, maka akan menggeser posisinya.

7. Jalan Keluar melalui Mr. Wong
Setelah dua bulan menunggu dalam ketidak pastian, Shihan Nardi merasa tidak karuan, putus asa, dan mulai khawatir akan rencananya. Pilihannya adalah kembali ke tanah air dengan tangan hampa dan mengecewakan seluruh warganya, atau terus berusaha. Shihan Nardi pun memilih pilihan kedua.
Dengan segala keputusasaan, Shihan Nardi mencoba usaha lainnya. Sebelum Kantor Kedutaan Jepang dibuka, Shihan Nardi sudah menunggu di pintu masuk.Saat kantor tersebut dibuka, beliau berusaha untuk bertemu dengan Mr. Wong (Mr. Oey), yaitu seorang berkewarganegaraan Singapura yang bertugas di Kedutaan Besar Jepang di Singapura. Hasilnya, Shihan Nardi selalu ditolak, tapi dia tidak menyerah.
Namun, suatu hari keajaiban terjadi. Di hari ke sekian Shihan Nardi Mencoba, seorang pegawai imigrasi langsung memanggil dia dan mempertemukannya langsung dengan Mr. Wong. Tanya jawab pun terjadi dan setelah Mr. Wong puas bertanya, beliau memberi laporan ke bagian Duta Besar Jepang di Singapura. Tak lama kemudian beliau masuk dengan muka berseri-seri dan menjelaskan bahwa Shihan Nardi diberi ijin tinggal dengan segala kekurangannya selama 6 bulan di Jepang, dan diperpanjang apabila diperlukan. Tak henti-hentinya Shihan Nardi bersyukur atas keajaiban di hari itu.


Masutatsu Oyama (kanan) dengan Shihan Nardi (kiri) di Honbu Dojo, Tokyo

8. Intensitas Latihan di Honbu Dojo
Shihan Nardi datang ke Tokyo memang tidak sebagai murid biasa, oleh karena itu ketika rekan-rekan lain berlatih rata-rata dua kali seminggu, beliau harus berlatih sepanjang minggu, sehari tiga kali, yaitu jam 10:00 – 12:30, jam 15:00 – 17:30 dan jam 19:00 – 21:30 dengan jiyu kumite (perkelahian bebas, satu lawan satu) yang jumlahnya tidak kurang dari 6-8 kali dalam seminggu. Belum lagi setiap hari selalu ada kumite bergantian, bergeser-geser bergantian sehingga setiap orang bertemu dengan yang lainnya.
Latihan yang ekstra keras ini membuat berat badan Shihan Nardi turun drastis dari 93 Kg menjadi 72 Kg dalam 3 bulan sehingga semua celananya perlu dilipat pinggangnya. Hal ini karena jumlah latihan yang berat dan jika ditotal, ada 90 kali latihan dalam sebulan. Perbandingannya satu banding 10 dengan murid lain. Belum lagi jiyu kumite yang meninggalkan bekas luka terutama di bagian sune (tulang kering) yang harus dipakai kumite lagi terus menerus.

9. Home Sick
Shihan Nardi melihat sendiri banyak sekali karateka yang tiba-tiba menghilang karena tidak tahan dengan kerasnya latihan yang diberikan. Banyak dari mereka pergi tanpa pamit karena malu.
Shihan Nardi selalu bersungguh-sungguh dalam latihan dan kumite, dan hasil latihan yang keras itu tampak pada Shihan Nardi. Beliau belum pernah jatuh atau mengatakan maitta (menyerah) kepada karateka lain, bahkan hingga ujian menjelang kepulangannya ke Indonesia. Beliau juga dikenal sebagai orang yang ramah di luar jam latihan. Banyak yang mengajaknya untuk bersantai tapi terpaksa ditolaknya karena kondisi badan yang capek dan harus menyiapkan untuk sesi latihan berikutnya.
Hal-hal yang menguatkan Shihan Nardi untuk terus maju adalah orang-orang di Indonesia, bagaimana Shihan tidak mau mengecewakan mereka semua.  Beliau sering sekali dilanda home sick dan susah tidur karenanya.

10. Diraihnya Special Black Belt Course For Instructors
Atas dasar ketekunan, semangat, tahan uji dan kesungguhan Nardi berlatih di Honbu, maka secara pribadi dan organisasi, Masutatsu Oyama memberikan Piagam Penghargaan Khusus sesaat sebelum kembali ke Indonesia. Hal ini sekaligus memantapkan tingkatan Shihan Nardi yang didapat dari Yoshida Sensei menjadi Dan I dari Tokyo sebagai hasil mengikuti Special Black Belt Course For Instructors.
Pada akhir tahun 1970 Shihan Nardi kembali ke Indonesia dan disambut meriah oleh banyak sekali warganya di Bandara Juanda Surabaya.

Lambang Perguruan Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate Do Indonesia

11. Masuknya Sistem Full Body Contact
Ketika Shihan Nardi berada di Tokyo, wewenang menjalankan perguruan diserahkan kepada senior dan berlangsung dengan baik. Tidak lama setelah kembali ke tanah air, Shihan Nardi membuat suatu latihan khusus untuk karateka senior yang bersedia untuk menjadi pelatih dan mengembangkan perguruan. Latihan diadakan selama dua minggu penuh mengingat banyak yang masih pelajar dan tidak bisa terlalu lama meninggalkan bangku sekolah. Tapi walaupun singkat, latihan ini banyak meningkatkan ketahanan fisik, ketrampilan rasa percaya diri, keyakinan, dan menganggap sistem Full Body contact ini tidak berbahaya asalkan diterapkan dengan intensif dan benar.
Sistem Full Body Contact resmi masuk indonesia di tahun 1970 walaupun sudah perna dikenalkan sebelumnya pada warga perguruan. Demonstrasi di gedung Bioskop Mimosa Batu dalam rangka HUT I perguruan sudah membuat banyak penonton kagum. Karate sudah tidak hanya menunjukkan keindahan dan show saja, tetapi punya nilai nyata baik dari ketahanan fisik, mental spiritual, maupun tehnik-tehnik dan ketrampilan dalam membela diri.
Perguruan ini pun merubah namanya menjadi Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-Do Indonesia (Kyokushinkai Karate).


Jambore 2 PMK Kyokushin

12. Meluasnya Perguruan
Perguruan terus berkembang pesat. Permintaan mendirikan Dojo bermunculan dari seluruh wilayah Jawa Timur. Pada Tahun 1972, perguruan baru berkembang secara nyata di Jawa Timur, tetapi gaungnya sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Shihan Nardi pun banyak dimenulis artikel Kyokushin Karate di berbagai media Nasional seperti Kompas, Sinar harapan (Sekarang: Suara Pembaruan), dan Merdeka.
Pada Juli 1971, Tokyo Honbu meningkatkan Shihan Nardi ke DAN II. Pada akhir 1972 secara khusus Shihan Nardi ke Jepang lagi dan tinggal beberapa saat serta mengkuti ujian dan memperoleh tingkatan DAN III.

13. Penutup
Sepenggal cerita diatas adalah kisah dari Shihan Nardi dalam membawa Kyokushinkai Karate ke Indonesia. Perjuangan selanjutnya adalah menyebar-luaskan Kyokushinkai Karate di Indonesia. Permasalah dan halangan pun masih banyak yang menghadang perguruan.
Sosok Shihan Nardi dikenal luas sebagai pendiri dan pencetus Kyokushin Karate di Indonesia. Berkat jasa Beliau, paling tidak sudah ada 8 aliran Kyokushin di Indonesia yang berasal dari perguruannya.
Beliau juga membuat dua motto perguruan dan janji karateka yang menjadi pegangan utama, baik para warga di dojo, maupun di tengah-tengah masyarakat.

Diambil dari situs resmi PMK Kyokushin yang merupakan cikal bakal seluruh kyokushin di indonesia.
http://www.kyokushinkai.or.id/sejarah.php

Semoga bermanfaat.

Oss!
Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah Kyokushin Di Indonesia
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2013/09/sejarah-singkat-kyokushin-di-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

Unknown said...

mohon ijin untuk share senpai..ossuu

Syauqi said...

Oss, dengan senang hati senpai, silahkan.
Oss.

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg