Cara Pull Up Untuk Pemula

Posted by Syauqi San Sunday, January 4, 2015 13 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Cara Pull Up Untuk Pemula

Pull up adalah salah satu latihan beban yang dapat kita lakukan untuk membentuk otot punggung yang tidak hanya memberikan kita postur yang baik, tapi juga memberikan bentuk V pada badan kita, terutama dari belakang. Walaupun pull up bisa memberikan kita hasil yang cepat pada otot-otot kita, latihan ini relatif sulit dilakukan, terutama yang belum pernah melakukan sama sekali. Tetapi jangan putus asa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih pull up ini bahkan untuk beginner yang jauh dari melakukan pull up walau hanya satu kali pull up. Setelah itu, kita bisa beralih ke variasi pull up yang masing-masing akan melatih otot-otot tertentu.

Bentuk Pull up standard dengan menggunakan Iron Gym, alat pull up yang mudah dipasang dan dibongkar karena hanya menempel pada daun pintu.

Pull up termasuk latihan yang cukup berat untuk yang tidak pernah melakukan tetapi bisa dilatih dengan latihan yang benar dan kemauan yang keras. Berikut ini cara untuk melakukan pull up untuk pemula:

Chair Assist, salah satu cara yang sering digunakan untuk pemula dalam melakukan pull up.

Jika kita tidak bisa melakukan satu pull up, maka coba letakkan kursi di depan anda dan letakkan satu kaki anda di situ, lutut ditekuk. Setelah itu coba lakukan pull up lagi, dengan cara ini pull up akan menjadi lebih mudah. Setelah melakukan pull up sebanyak yang anda bisa, sekarang letakkan kedua kaki di kursi, dan lakukan kembali sampai lengan anda benar-benar capek. Untuk yang tidak bisa melakukan pull up dengan kaki satu, maka langsung lakukan dengan kedua kaki bertumpu pada kursi. Jangan lupa, tekuk lutut anda.

Ilustrasi otot-otot mana saya yang dilatih ketika pull up. Terlihat bentuk V nya bukan?

Mengapa melakukan dengan kaki berpijak ke kursi? Sebenarnya, fakta tentang otot adalah ketika otot disiksa, otot akan lebih membesar. Dan cara menyiksa otot secara optimal adalah dengan memaksanya berkontraksi ketika sudah lelah. Ketika posisi pull up biasa sudah tidak bisa dilakukan lagi, maka kita lakukan penyiksaan dengan cara yang lebih ringan sampai otot benar2 tersiksa habis dan akan membesar dengan optimal. Cara ini juga baik dilakukan untuk yang sudah mahir melakukan pull up.

Menggunakan bands atau karet panjang elastis, merupakan alternatif dari menggunakan kursi, tetapi konsepnya sama.

Ketika melakukan pull up ini, pastikan posisi tulang punggung tegak lurus dengan tanah, jangan jadikan kursi tersebut media untuk mengangkat pantat anda. Hal ini akan cenderung menyebabkan tubuh menghadap ke atas dan otot yang terlatih adalah otot yang salah.

Lakukan pencatatan tentang berapa pull up yang anda lakukan, mulai dari posisi normal, satu kaki, tanpa kaki, dan total keseluruhannya, termasuk berapa set yang anda lakukan. Pantau terus setiap minggu dan tiap minggu, pastikan angka-angka tersebut anda lewati walaupun hanya satu. Dengan begitu kita bisa memastikan bahwa kita menjadi lebih kuat pull up pada tiap minggunya.

Contoh seorang pemanjat tebing yang mencoba pull up dengan kelingkingnya.

Kalau anda sudah bisa menemukan kenikmatan melakukan pull up, dan sudah terbiasa, maka kita bisa bermain-main dengan variasi pull up yang akan dibahas pada artikel berikutnya.

Ini contoh salah dari latihan pull up, karena ketika ada angin atau ada bunyi hp, bisa-bisa anda jatuh.

Semoga bermanfaat dan selamat berlatih pull up!

Oss!


Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Pull Up Untuk Pemula
Ditulis oleh Syauqi San
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2015/01/cara-pull-up-untuk-pemula.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

13 comments:

WQA APAC said...

Woowww
Bisa satu jari gitu ya gannn..
bermanfaat
Training Auditor

Delyanet Karmoni said...

Saya belum pernah berhasil pull up. Makasih ya infonya, nanti saya coba. :)

Syauqi San said...

@Delyanet Karmoni: selamat mencoba. jika masih kesulitan pull up dengan cara diatas, anda bisa mencoba melakukannya secara terbalik, yaitu mengawali posisi dengan posisi lengan sudah tertekuk (badan sudah berada diatas) kemudian perlahan-lahan turun sambil berusaha terus berkontraksi. Setelah badan sampai dibawah, ulangi lagi dari atas.

Tentunya pastikan anda dibantu teman atau kursi untuk memposisikan badan anda diatas.

Bio Alfandri said...

Thanks

Syauqi San said...

Oss, sama-sama. semoga bermanfaat.

Noval Pramana said...

Yang terakhir bukan berotot malah mati muda kwkwkw

Syauqi San said...

Bener, tapi klo yang melakukan udah tua, berarti mati tua ya? hehehe.

Unknown said...

Gw ga bisa bisa loh gan :( mana mau tes polisi padahal push up gw kuat? Berat badan ngaruh ga gan? Berat badan gw lebih 10kg dr tinggi gw

Syauqi San said...

sudah coba pakai bantuan kursi, dan dilakukan dari posisi tinggi ke rendah? Jika belum, coba lakukan terus sampai paling tidak bisa satu kali pull up. selanjutnya akan lebih mudah mencapai yang kedua dan ketiga.

push up memakai otot triceps, sedangkan pull up pakai otot biceps. Jadi otot yang digunakan berbeda, itu kenapa anda bisa push up, tapi pull up masih belum bisa.

makusdnya berat badan lebih banyak 110 kg ya? saya yakin masih bisa, karena masih belum kategori overweight. Lakukan terus, perbesar motivasi. Ketika mindset anda yakin, maka fisik anda akan mengikuti.

Jangan pernah menyerah, anda akan sangat puas ketika anda berhasil dengan susah payah.

semoga berhasil.
Oss.

Rilgy Cbr said...

Dari dulu saya ngak bisa pull up, otot biicep ngak terlalu kecil juga, apa karna berat badan berlebih dapat mempengaruhi ya gan?

Syauqi San said...

@Rilgy Cbr, iya gan. berat badan berlebih bisa mempengaruhi susah tidaknya untuk pull up. tapi kalau tidak terlalu overweight, saya rasa bisa dicoba melalui cara diatas yaitu dengan bantuan kursi, atau mulai dari posisi diatas, kemudian turunkan dan tahan sekuatnya supaya proses turunnya selama mungkin. ulangi berkali2.

untuk kasus terlalu overweight, saya tidak punya pengalaman dengan itu, temen2 juga tidak ada yang overweight.

Ichwan Darmawan said...

ane juga blum bisa pull up maksimal, paling cuma kuat 3x. padahal klo push & sit up bisa sampe 40x/set. berat bdan 65kg tinggi 167cm, bukankah ini sudah ideal?
atau karena baru permulaan jadi sulit melakukannya?

Syauqi San said...

sepertinya baru permulaan. kalau sudah bisa sekali pull up, selanjutnya lebih mudah daripada blum bisa pull up sama sekali, walaupun peningkatan dari 3x ke 4x masih berat juga.
tinggal dilanjutkan saja, pasti makin lama makin naik jumlahnya. semoga berhasil.

btw, otot-otot yang dipakai sit up, push up, dan pull up berbeda semua. untuk sit up, otot perut, push up otot trisep, pull up pakai biceps.

Post a Comment

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg