Menambah Jumlah Maksimal Push Up

Posted by Syauqi Monday, December 15, 2014 22 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Menambah Jumlah Maksimal Push Up

Push up adalah latihan paling sederhana dalam memanfaatkan berat tubuh kita sendiri. Push up juga merupakan olahraga paling sederhana dan mudah dalam pelaksanaannya, tetapi banyak orang yang merasa kurang puas ketika hanya bisa melakukan sedikit push up dan tidak bertambah banyak walaupun dilatih terus menerus. Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan jumlah maksimal push up.

Otot-otot yang berkontraksi ketika kita melakukan push up.

Push up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Latihan yang tidak membutuhkan alat tambahan sama sekali ini melatih banyak otot-otot penting seperti bicep, tricep, dada, perut dan punggung sehingga banyak digemari dan menjadi standard latihan pada setiap latihan fisik baik itu militer, beladiri, fitness, street workout dan lain sebagainya.

Untuk membangun otot, kita harus mengetahui tentang otot itu sendiri. Ketika dilatih dan kecapekan, otot akan terluka dan membutuhkan waktu istirahat sekitar 48 jam agar otot memiliki waktu untuk pulih dan tumbuh lebih besar. Hal ini menjelaskan kenapa banyak program latihan pada fitness yang melatih tubuh bagian atas pada hari senin, rabu, jumat, dan melatih otot bagian bawah pada hari selasa dan kamis. Tetapi ada juga yang menerapkan waktu istirahatnya selama 72 jam sebelum melakukan latihan kembali.

Otot-otot pada tubuh manusia bisa menyesuaikan diri dengan membesar ketika terus menerus digunakan untuk berkontraksi.

Tetapi kita tidak selalu menemukan kondisi ideal seperti itu. Banyak cabang militer yang mengharuskan anak buahnya untuk push up setiap hari sebagai latihan harian, atau sebagai hukuman yang pada akhirnya juga berdampak pada peningkatan jumlah maksimum push up. Oleh karena itu dibuatlah program latihan yang dicobakan pada usia 18-30 tahun dengan tujuan meningkatkan jumlah maksimal push up. Program tersebut terdiri dari 10 hari latihan dengan push up setiap hari, tapi tetap ada penerapan istirahat untuk otot, walaupun tidak banyak. Hasilnya, rata-rata orang mampu meningkatkan pushupnya dari 50 menjadi 80 dalam 2 minggu.

Program ini terdiri dari 10 hari latihan dan 3 hari istirahat. Latihan dibagi menjadi dua macam, yaitu hari ganjil dan hari genap. Hari ganjil dilakukan di hari ke 1,3,5,7,9 sedangkan hari genap dilakukan di hari ke 2,4,6,8,10.

Hari Ganjil
Lakukan 200 push up dengan sesedikit mungkin set yang kita mampu. Contoh: 4 set x 50 push up , atau 8 set x 25 push up. Lakukan sesuai kemampuan kita tapi tetap jaga agar jumlah push up yang dilakukan adalah sebanyak mungkin, kalau bisa push up maksimal kita.

Hari Genap
Lakukan 200 push up dengan sebanyak mungkin set yang kita mampu pada rentang waktu yang lama. Contoh: 20 set x 10 push up yang dilakukan tiap setengah jam. Latihan ini tidak berat karena hari genap adalah hari untuk istirahat, jadi latihan yang dilakukan tidak membebani otot berlebihan.

Peraturan
Kalau maksimum push up anda sekarang adalah 50, lakukan 200 di tiap hari. Kalau maksimum push up anda sekarang adalah 75, lakukan 300 push up di tiap hari.
Lakukan latihan di hari genap dan ganjil tanpa bolong sampai 10 hari, kemudian istirahat penuh selama 3 hari dan jangan melakukan latihan yang menggunakan otot-otot bicep, tricep, dan bahu. Kemudian pada hari ke 14, cobalah lakukan tes push up dan rasakan perbedaannya.
Latihan ini tidak disarankan dilakukan lebih dari sekali pada rentang 6 bulan karena akan mengulang melatih otot yang sama.

Berikut ini jenis latihan push up yang bisa dilakukan untuk program ini:


Regular Push Up
Push up standard yang paling sering dilakukan orang. Lengan tumpuan sejajar vertikal.


Wide Push Up
Dari posisi standard, posisi kedua telapak tangan tumpuan dijauhkan selebar 2-3 bahu.

Triceps / Close Push Up
Dari posisi standard, dekatkan kedua telapak tangan tumpuan, akan terasa agak aneh pada awalnya.


Perbedaan dari ketiga push up ini adalah letak telapak tangan. Regular push up berada pada posisi normal, semua berat badan terbagi secara merata antara dada, bahu dan tricep. Wide push up akan melatih dada lebih berat. Tricep atau close push up akan lebih melatih tricep dan bahu.

Untuk varian push up lebih banyak, bisa dibaca di artikel berikut: Variasi Push Up Pada Fitness

Semoga Bermanfaat.

Oss!


Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menambah Jumlah Maksimal Push Up
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/12/menambah-jumlah-maksimal-push-up.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

22 comments:

Unknown said...

(ANS)
Informasi yang sangat baguss
Training Auditor

Unknown said...

Itu yg hari ganjil apa tidak papa dibagi 4 set pada pagi hari lalu 4 set pada sore hari?

Unknown said...

Itu yg hari ganjil apa tidak papa dibagi 4 set pada pagi hari lalu 4 set pada sore hari?

Syauqi said...

sebaiknya tetap terkumpul menjadi satu waktu dengan rentang waktu istirahat yang disesuaikan supaya otot menjadi capek maksimal. tapi kalau belum kuat, boleh dipisah seperti itu, tapi begitu sudah kuat, lebih baik 200 push-up nya dilakukan sekaligus dengan waktu istirahat tiap set disesuaikan dengan kemampuan.

Arlan said...

Bang ini dah hri ke3 sya gunakan metode ini. Tp tdi pas hitungan ke 170, pd bagian area antara dada dgn lengan/ area otot wrna hitam pd gambar d atas (yg gmbar "Otot-otot yang berkontraksi ketika kita melakukan push up") skit banget shingga buat ngangkat pun susah & skit . Dan kli ini jga set push up sya mnrun yg hri 1 (17) skrang dah melebihi 17 set. Pdhal sya sdh pmanasan dan istrhat 30 dtik stiap mw mlakukan set.bgmna tips dan slusix bang? Soalnya pendaftaran akmil dah dkat trus push up sya msih krang.

Syauqi said...

Ketika otot anda sakit ketika berkontraksi, berarti otot anda akan semakin membesar. Anda sudah berada di jalur yang tepat.

Untuk meningkatkan jumlah pull up yang sudah sebanyak anda, coba sesekali melakukan push up dengan explosive power di sela-sela push up normal, yaitu melakukan secepat-cepatnya.

Semoga bisa meningkatkan jumlah push up anda dan diterima di akmil.

Unknown said...

Bang jadi maksudnya latihan ini hanya boleh dilakukan sekali dalam waktu 6bulan?

Syauqi said...

Boleh saja, hanya saja akan jadi kurang optimal.

Unknown said...

Bang...saya sudah melakukan progam selama 10hari....tp jumlah push up maksimal saya tidak bertambah,kenapa yah?

Syauqi said...

jumlah maksimal push anda berapa? kemudian jumlah repetisi dan program latihan anda seperti apa? semoga saya bisa bantu.
oss.

Unknown said...

50 (itu push up maximal saya)jumlah repetisi dan program latihan nya sama seperti diatas

Unknown said...

Bagaimana maksudnya dilakukan lebih dari sekali pada rentang 6 bulan?

DARMA said...

saya mau shering aja,,
saya sudah melakukan pushup hampir 3 bln rutin saya lakukan setiap hari, dan syukurlah jerih payah saya membawakan hasil yg memuaskan, sudah sangat nampak otot dilengan saya bahkan bahu juga. Cara saya melakukan pushup awalnya sedikit2 dalam bulan pertama tetapi jumlahnya semakin lama semakin sering. sampai masuk bulan ke 2 saya tetapkan 250x/hari dan masuk bulan ke 3 300x/hari.
karena tekad yg kuat semuanya berjalan lancar tidak ada 1 hari pun yang terlewatkan dari pushup.

saya melakukan pushup dgn cara saya sendiri. seperti yang 300x/hari (bangun tidur 100x, siang/sore 100x dan mau tidur 100x masing-masing saya bagi 4 atau 3 set) terkadang saya melakukan pushup kapan saja yang terpenting dalam 1 hari itu mencapai target.
untuk membentuk otot dada secara perlahan, saya gabungkan pushup reguler dgn diamond pushup(seperti gambar ke3).
Dan setiap akhir pushup saya selalu tutup dgn plank selama 30 detik-1 menit.
itulah yg saya lakukan dan sampai saat ini saya masih rutin melakukan pushup.
PUSH UP MEMANG OLAHRAGA YANG LUAR BIASA...!!!

Syauqi said...

Oss.
Terima kasih sharingnya, senang bisa denger sharing seperti ini.

Sebelumnya, selamat, karena telah berhasil melakukan push up dan kontinyu. Tidak masalah jenis latihannya, setiap orang memiliki rangkaian gerakan sendiri-sendiri.
Dengan porsi dan disiplin seperti itu, saya yakin akan perubahan yang signifikan dalam bentuk badan dan otot anda.
Dari cerita anda, sepertinya anda punya motivasi yang sangat tinggi, soalnya gak banyak orang yang bisa konsisten terus menerus dengan target sebanyak itu. Salut untuk anda, dengan terus mempertahankan pola seperti itu, latihan akan jadi suatu kebiasaan dan lama2 akan menjadi kebutuhan. Semoga bisa terus berkelanjutan.

Oss.

Unknown said...

Maaf mau tanya.. maksimal saya bisa lakukan push up cuman 25. Bagaimana pembagian waktunya per hari?? Agar jumlah push up saya bertambah


Unknown said...

Terimakasih sebelumnya

DARMA said...

coba lakukan push up 100x/hr, dibagi 4 set | 2 set saat bangun tidur (25×2) dan 2 set lg saat mau tidur (25×2). jeda istirahat antar set 30-60 detik

DARMA said...

coba lakukan push up 100x/hr, dibagi 4 set | 2 set saat bangun tidur (25×2) dan 2 set lg saat mau tidur (25×2). jeda istirahat antar set 30-60 detik

DARMA said...
This comment has been removed by the author.
DARMA said...

YES..motivasi saya adalah "healthy life style" diawali dari diet ketat ala saya sendiri (diet karbo, gula dan garam) 8 Agustus 2016-8 Januari 2017. Hasilnya sangat memuaskan, slama 5 bln diet, saya berhasil membombardir lemak benalu💩 yg nyusahin😈 di tubuh saya ini hingga 31 kg. Tubuh saya pun menjadi kurus dan banyak org tdak mengenali saya karena saya seperti anak yg mau lulus SMA (hahaha😆😎😎😃terasa 7 thn lebih muda). Setelah itu saya mencoba membangun tubuh saya kembali dengan otot. Sampai saat ini saya jg masih rutin push up 300x bahkan ditambah dgn latihan lainnya, juga olahraga sabtu/minggu & makan sehat untuk menjaga bb tetap ideal, sehat dan pembentukan otot tentunya.

Syauqi said...

Oss!

Terima kasih Ichwan Darmawan penjelasannya. Pengalamannya memotivasi sekali. Semoga terus rutin latihannya dan semakin banyak teman2 kita yang perduli kesehatan.

Oss!

hahaha said...

Bagi anda yang hobby bermain judi online seperti :
Bandar Ceme, Ceme Keliling, Capsa Susun, Domino, Bandar Poker dan Live Poker.
Mari segera bergabung bersama kami di www,s1288poker,com
Kami agen penyediaan jasa judi online terbaik dan terpercaya.
(WA : 08122221680)

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg