Pukulan Dasar pada Kyokushin Karate

Posted by Syauqi San Sunday, July 20, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Pukulan Dasar pada Kyokushin Karate

Pada awal periode kemunculan Kyokushin, Grand Master Masutatsu Oyama menggemparkan dunia beladiri dengan kemampuan tangannya yang dijuluki The Hand Of God (tangan tuhan) yang menumbangkan semua lawan-lawannya hanya dalam hitungan detik. Semboyannya adalah Ichigeki Hissatsu dan telah menjadi filosofi mendalam di seluruh perguruan Kyokushin yang diciptakannya. Serangan-serangan dalam Kyokushin hampir didominasi oleh pukulan. Berikut ini akan dijabarkan macam-macam pukulan dasar yang ada pada Kyokushin.

Masutatsu Oyama yang mendunia dengan tangannya yang dijuluki The Hand Of God

Kyokushin adalah keras, tapi tidak brutal. Kalimat ini pernah dijelaskan di artikel sebelumnya, yaitu Salah persepsi tentang Kyokushin Karate. Kalimat ini juga menggambarkan bahwa kyokushin adalah beladiri yang keras, tetapi tidak brutal karena dilakukan dengan tetap terkontrol dan tetap mematikan. Hampir semua serangan didominasi oleh tangan, oleh karena itu dalam mempelajari Karate Kyokushin, kita perlu mengenal pukulan-pukulan dasar yang ada pada kurikulum Karate Kyokushin.

Serangan tangan dalam kyokushin karate digolongkan berdasarkan bagian yang dipukulkan. Berikut ini pembagiannya:

1. Seiken (Kepal Tangan)
Seiken artinya kepalan tangan. Seluruh serangan seiken ini menggunakan kento, yaitu pangkal jari telunjuk dan jari tengah. Hati-hati untuk menggunakan kento, terutama bagi pemula, karena jika salah menggunakan kento, akan berakibat cedera dan serangan menjadi tidak optimal.

Seiken Chudan Cuki, Pukulan lurus ke arah depan menggunakan kento

Kento sendiri menjadi suatu hal yang sangat penting dan merupakan ujung tombak dari serangan ini. Pembahasan lebih lengkap tentang kento beserta penggunaannya dapat dilihat pada artikel sebelumnya di Kento, Rahasia Pukulan Kyokushin.

a. Seiken Cudan Tsuki
b. Seiken Ago Uchi
c. Seiken Mawashi Gamen Uchi

Baca penjelasan lebih detilnya di Serangan Seiken pada Kyokushin Karate.

2. Uraken (Tepi Kepal)
Uraken artinya tepi kepal tangan, atau pangkal jari telunjuk sampai kelingking. Hampir seluruh serangan ini menggunakan tenaga dorongan dan tambahan sentakan pada tepi kepal ke sasaran.

Uraken Shomen Uchi, Serangan menggunakan tepi pangkal jari-jari

a. Uraken Sinta Tsuki
b. Uraken Shomen Uchi
c. Uraken Sayo Uchi
d. Uraken Hizo Uchi

Baca penjelasan lebih detilnya di Serangan Uraken pada Kyokushin Karate.

3. Shotei (Pisau Tangan)
Shotei atau disebut juga shuto adalah pisau tangan. Syarat mutlak ketika menggunakan serangan ini adalah jangan pernah menyerang shuto kalau jari-jari tidak dirapatkan. Selain membuat serangan menjadi lemah, jemari akan mudah terkilir, tersangkut, atau bahkan lepas dari sendinya. Kebanyakan serangan ini dipakai untuk menangkis, tapi serangan seperti Shuto Sakotsu Uchi Kome bisa sangat menancap dalam ke uluh hati jika dilakukan dengan jarak dekat dan momen yang pas.

Shuto Sakotsu Uchi, Serangan menggunakan pisau tangan. Bagian yang dipukulkan adalah tepi telapak tangan yang dekat dengan pergelangan tangan

a. Shuto Gaman Uchi
b. Shuto Mawashi Gaman Uchi
c. Shuto Hizo Uchi
d. Shuto Mawashi Hizo Uchi
e. Shuto Sakotsu Uchi
f. Shuto Sakotsu Uchi Kome

4. Uke (Tangkisan)
Uke berarti tangkisan. Seluruh tangkisan ini dilakukan dengan tangan dan paling banyak menggunakan lengan. Untuk lebih lanjutnya, tangkisan juga bisa dilakukan dengan menggunakan bagian-bagian kaki seperti tulang kering, telapak kaki, dan lain sebagainya. Tapi semua itu tidak masuk ke dalam kurikulum dasar dari tangkisan dan akan dibahas di lain kesempatan.

Seiken Ago Uchi, Tangkisan yang digunakan untuk menangkis serangan dari depan yang mengarah ke dada atau kepala

a. Seiken Ago Uchi
b. Seiken Cudan Soto Uke,
c. Seiken Cudan Uchi Uke.
d. Seiken Gedan Barai
e. Seiken Cudan Uchi Uke Seiken Gedan Barai

5. Hiji (Sikut)
Hiji artinya sikut. Dilihat dari kepadatan dan tingkat kerasnya tulang, tulang sikut adalah tulang yang paling kuat dari seluruh tulang di tubuh manusia. Serangan ini bisa sangat mematikan dan bisa diadu dengan serangan lainnya, tapi kelemahannya adalah harus dilakukan dengan jarak super dekat. Ketika jarak sudah sangat dekat, maka favorit kebanyakan karateka adalah membalas dengan Uraken Sinta Tsuki.

Hiji Ago Uchi, Serangan menggunakan sikut yang datang dari bawah ke arah dagu lawan

a. Hiji Cudan Cuki
b. Hiji Jodan Cuki
c. Hiji Oroshi Uchi
d. Hiji Ago Uchi
e. Hiji Yoko Ate

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pukulan Dasar pada Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi San
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/07/pukulan-dasar-pada-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg