Ketika Melihat Orang Dipukuli Dijalanan

Posted by Syauqi Tuesday, April 8, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Ketika Melihat Orang Dipukuli Dijalanan

Pernahkah kita melihat seseorang dipukuli di tempat umum? Bisa jadi kita berada pada situasi dilematis dimana kita melihat seorang tanpa daya, dipukuli oleh segerombolan orang tanpa bisa membalas sedikitpun. Apa yang harus kita lakukan pada situasi seperti ini? Resiko apa saja yang ada saat itu? Dan Hal apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini ulasannya.

Permintaan tolong dari orang yang membutuhkan, akan sangat menggoda bagi para warga kyokushin

Ketika jeda latihan pertama dan kedua, dan seluruh warga akan dibariskan sesuai tingkatan, Pada momen inilah ada sesi diskusi dua arah antara warga dan pembinanya. Pembina akan mengabsen dan warga yang diabsen menjawab dengan Oss yang tegas. Setelah absensi, maka pembina akan menyampaikan berita dari perguruan pusat, event, jadwal ujian, ataupun pertanyaan bebas.

Hari itu ada pertanyaan dari seorang warga yang cukup berat untuk dijawab. Warga tersebut bertanya tentang situasi dimana kita sedang jalan-jalan di mall atau di taman, kemudian melihat seseorang yang dihajar keroyokan secara brutal oleh sekumpulan orang yang berpenampilan seperti preman jalanan. Dan disaat itu, orang tersebut meminta tolong kepada kita, dia berkata "tolong pak... tolong..." berulang kali sambil memandang ke arah kita. Sekumpulan orang itu terlihat menghajar seadanya dan terlihat tidak terlalu mengerti tentang bela diri. Di satu sisi kita yakin bisa menang melawan mereka, tapi di lain sisi kita sedang bersama adik perempuan kita. Kemudian warga itu bertanya, menurut senpai-senpai disana, apa yang harus dilakukan pada saat itu dan alasannya?

Sobat kyokushin, pernahkah terpikir oleh kita jika situasi seperti itu terjadi pada kita? Disini penulis ingin menyampaikan pesan bahwa dunia di luar dojo sangat berbeda jauh dengan di dojo. Tidak akan ada wasit yang melerai, tidak akan ada larangan untuk memukul kepala, tidak akan ada larangan untuk memukul dari belakang, tidak akan ada larangan untuk menusuk dengan senjata tajam, tidak ada larangan untuk berkelahi keroyokan.

Perkelahian di luar dojo adalah perkelahian sesungguhnya dengan resiko dan konsekuensi sesungguhnya.

Pada momen tersebut, emosi adalah hal yang akan mengacaukan segalanya. Terutama ketika sudah berkaitan dengan harga diri, jiwa keadilan dan kesombongan. Terkadang ketika harga diri kita diinjak atau dihina orang lain, kita mudah sekali panas dan terpancing emosi. Selain itu, ketika ada ketidak-adilan di sekitar kita, jiwa kecil kita pasti ingin meluruskan itu. Dan yang terakhir adalah kesombongan, setelah kita banyak berlatih ilmu di dojo, dan sudah memiliki banyak senjata yang terasah dengan baik, sebersit hati kecil kita akan ingin mencoba kemampuan kita ke orang lain. Tapi dengan kontrol dan mental yang baik, 3 hal tersebut masih dapat dikuasai.

Jadi apa yang harus kita lakukan pada situasi seperti itu?

Jadi, jika anda berada pada situasi tersebut, jangan gegabah. Jika mampu, maka bantulah semampu anda. Jika kita bersama adik perempuan kita, atau orang dekat kita, maka kita perlu gunakan prioritas, apakah menolong orang tersebut bisa menyebabkan orang dekat kita celaka, ataukah berdiam diri karena menguatirkan akan terjadi apa-apa pada orang dekat kita kalau kita melawan? Prioritas pertama ada pada keselamatan kita dan keluarga dulu, jika memungkinkan, maka ada baiknya jika kita menolong orang tersebut. Tentunya dengan pertimbangan masak, karena kita tidak tahu kondisi sebenarnya. Senjata tajam masih menjadi momok menakutkan dan tidak layak karena nyawa kita bisa menjadi taruhannya.

Artikel ini hanya memberikan opini versi penulis. Kondisi sebenarnya akan situasi ini tidak bisa dijabarkan dengan kata-kata. Tetapi semoga apa yang disampaikan disini bisa menjadi bahan pertimbangan, terutama jika kita belum mempunyai persiapan atau penilaian apa-apa.

Tetap Semangat!

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ketika Melihat Orang Dipukuli Dijalanan
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/04/ketika-melihat-orang-dipukuli-dijalanan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg