Kuda Kuda Dasar Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Thursday, October 2, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Kuda Kuda Dasar Kyokushin Karate

Dachi atau kuda-kuda dalam karate seringkali terabaikan, padahal kurikulum kyokushin disusun oleh sosai Masutatsu Oyama dengan sungguh-sungguh dan berdasarkan dari pengalaman nyata menjalani puluhan ribu jam berlatih dan kumite bahkan lebih. Apa sebenarnya makna dari kuda-kuda itu? Apakah tidak penting seperti anggapan banyak orang? Apa saja kuda-kuda dalam kyokushin karate yang ada? Berikut ini penulis akan menjelaskan masing-masing dari kuda-kuda standard yang ada dalam kyokushin karate.

Fudo dachi, sikap berdiri seorang karateka

Kuda-kuda dapat diartikan sebagai sikap berdiri. Sikap berdiri adalah landasan dari segalanya, karena kita bertumpu pada kaki kita. Pernahkah kita melihat orang yang serangan-serangannya bagus, tapi ketika terkena serangan Mawashi gedan geri yang telak, kemudian tidak bisa berdiri tegak, terpincang-pincang, kemudian terhuyung-huyung dan dinyatakan kalah? Itu artinya, sehebat apapun serangan kita, tidak akan berarti apa2 jika kita tidak bisa berdiri dengan posisi yang benar untuk menyerang.

Ketika menyerang, misalnya memukul, sikap berdiri atau kuda-kuda adalah landasan utama serangan. Kuda-kuda mendukung pergerakan dari laju bagian tubuh yang dipukulkan, beserta hentakan dan sentakan pada timing yang tepat. Selain itu, kuda-kuda yang tepat juga bisa membuat perpindahan berat badan yang bisa menambah kekuatan serangan.

Dalam Kyokushin Karate, ada banyak jenis Sikap berdiri mulai dari yang umum kita lihat, sampai yang agak aneh bagi masyarakat awam. Berikut ini macam-macam sikap berdiri pada kyokushin karate:

Fudo dachi
Posisi berdiri normal. Posisi kaki selebar bahu dan telapak kaki tidak sejajar ke depan, tapi sedikit dibuka. Tangan terkepal di samping dengan posisi siap, tidak menjuntai. Sikap berdiri ini adalah yang paling sering digunakan. Jika sedang tidak melakukan basic, atau menunggu, posisi inilah yang selalu diinstruksikan oleh pembina.

Posisi Fudo Dachi. posisi berdiri yang paling umum.

Heisoku dachi
Rapatkan kedua kaki hingga tumit ketemu tumit dan jempol kaki ketemu ujung jempol.

Heisoku Dachi, posisi berdiri dengan ujung jempol kaki dan tumit dirapatkan.

Musubi dachi
Posisi hampir mirip dengan posisi heisoku dachi. Posisi ini adalah posisi berdiri biasa, dengan kedua tumit bertemu, tetapi ujung jempol berjauhan membentuk sudut 45 sampai 60 derajat. Berat badan bertumpu pada tumit.
Musubi Dachi, sikap ini selalu ada dalam latihan pemanasan calisthenics.

Heiko dachi
Posisi berdiri normal dengan posisi kaki berjarak selebar bahu, dan posisi kaki sejajar menghadap ke depan.
Heiko Dachi, Posisi jari-jari kaki menghadap lurus ke depan.

SotohachiJi dachi
Soto berarti luar. Dari posisi Heiko Dachi, geser jempol kaki saling menjauh sampai membentuk sudut 45 sampai 60 derajat dengan tumit.

SotohachiJi Dachi

UchihachiJi dachi
Uchi berarti dalam. Dari posisi Heiko Dachi, tumpukan berat badan ke jempol kaki, kemudian geser tumit saling menjauh sampai membentuk sudut 45 samapi 60 derajat dengan jempol kaki. Pada posisi ini, posisi pergelangan kaki, pinggang, dan lutut sedikit turun.

UchihadhiJi Dachi, arah jemari kaki masuk ke dalam. Sekilas agak aneh bukan?

Sanchin dachi
Posisi sama seperti UchihachiJi, hanya saja salah satu kaki maju satu telapak. Jadi nantinya tumit dari kaki depan akan segaris horizontal dengan jempol kaki belakangnya. jempol kaki tetap menghadap ke dalam dan merendah. Posisi sanchin dachi yang umum adalah kaki kanan di depan dan dalam dojo disebut sanchin dachi kanan.

Sanchin Dachi, kuda-kuda yang digunakan pada sesi latihan pertama ketika melakukan basic pukulan.

Moroashi dachi
Pada posisi berdiri tegak, buka kaki selebar bahu kemudian majukan kaki kanan satu telapak ke depan. Kedua kaki menghadap lurus ke depan dan lutut sedikit ditekuk.

Moroashi Dachi, sama seperti sanchin Dachi tapi versi tanpa mencengkram.

Kokutsu dachi
Dari posisi berdiri tegak, majukan kaki kiri persis ke depan telapak kaki kanan. Setelah itu rendahkan posisi tubuh dengan menekuk kedua lutut. Putar telapak kaki kanan dengan poros tumit sampai menghadap persis ke kanan, dan hadapkan telapak kaki kiri ke depan. Mundurkan badan sehingga kaki kanan akan menahan 70% berat badan dan kaki depan hanya 30% agar ketika disapu, tidak akan membuat badan kita kehilangan keseimbangan. Jangan lupa kaki kiri agak berjinjit.

Kokutsu Dachi, bayangkan melakukan posisi ini selama 10 menit saja...

Nekoashi dachi
Dari posisi Kokutsu dachi, tarik kaki depan sedikit mundur, kemudian tarik tumit tinggi-tinggi tetapi chusoku (pangkal jari kaki) masih menempel di lantai. Posisi tulang kering tegak lurus keatas.

Nekoashi Dachi, perbedaannya dengan Kokutsu Dachi adalah jarak antara telapak kaki lebih sempit dan tumit diangkat tinggi.

Kakeashi dachi
Dari posisi tegak berdiri, putar tubuh ke arah kiri dan angkat tumit kaki depan (kiri), kemudian turunkan tubuh, sehingga seakan-akan kita menduduki kaki kita.

Kakeashi Dachi, cukup sulit ketika pertama mencoba, tapi setelah mengerti fungsinya, akan mudah.

Zenkutsu dachi
Dari posisi tegak berdiri, mundurkan salah satu kaki ke belakang sampai berjarak dua lebar bahu. Kaki belakang tetap dalam keadaan lurus. Ujung jari kaki depan mengarah persis lurus ke depan sedangkan ujung jari kaki belakang menghadap samping sehingga kedua telapak kaki membentuk sudut 45 derajat. Tekuk kaki depan serendah-rendahnya hingga paha dan betis membentuk sudut 90 derajat.

Zenkutsu Dachi, posisi yang cukup sering digunakan, hampir selutuh gerakan jalan menggunakan posisi ini.

Kiba dachi
Posisi menunggang kuda. Dari posisi berdiri tegak, buka kaki selebar dua bahu, dan posisi ujung kaki menghadap sejajar ke depan. Tekuk lutut seperlunya.

Kiba Dachi, Posisi menunggang kuda. Dalam gerakan basic, kuda-kuda ini dipakai untuk gerakan uraken (uppercut) dan hiji oroshi uchi (serangan sikut mengarah ke bawah).

Shiko dachi
Dari posisi kiba dachi, dengan bertumpu pada tumit, lebarkan jarak antara dua jempol kaki sehingga membentuk sudut 90 derajat. Ini adalah posisi sumo.

Shiko Dachi, posisi sumo.

Tsuruashi dachi
Dari posisi tegak, angkat kaki sehingga tumit berada pada lutut kaki sebelahnya.

Tsuruashi Dachi, posisi kucing.
Semoga bermanfaat.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kuda Kuda Dasar Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/10/kuda-kuda-dasar-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg