Serangan Uchi pada Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Saturday, August 16, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Serangan Uchi pada Kyokushin Karate

Jenis serangan uchi pada Kyokushin Karate tergolong langka dan jarang mendominasi serangan karateka. Tapi serangan ini sering digunakan sebagai serangan pembuka pada suatu kombinasi. Berbeda dengan serangan jenis Tsuki, serangan ini lebih cepat, lebih reflektif, dan lebih bisa digunakan untuk mengacaukan konsentrasi lawan. Berikut ini penulis akan mencoba menjabarkan pengertian serangan jenis uchi pada kyokushin karate.

Jab dari Nikolay Valuev, Rusia terhadap John Ruiz, USA pada pertandingan WBA Heavyweight Boxing World Championshop di Max Schemeling Arena di Berlin, Germany di tahun 2008

Menurut penulis, serangan uchi ini adalah serangan yang dilakukan dengan secepat-cepatnya, dengan menggerakkan bagian tubuh seminimal mungkin, dengan sedapat mungkin tidak terbaca lawan, dan setelah serangan mencapai puncaknya, bagian yang dipukulkan langsung ditarik kembali. Jenis ini tidak hanya bisa dilakukan oleh tangan, tapi bisa juga oleh kaki yang berada pada posisi depan.

Jika di dojo, serangan ini bisa dilihat dengan jelas pada Seiken Ago Uchi. Pada posisi netral, kedua tangan akan sama-sama berada di samping telinga. setelah tangan kanan selesai menyerang, tangan ditarik kembali ke samping telinga. Setelah itu, tangan kiri menyerang dan ditarik kembali. Penjabaran lebih detail tentang Seiken Ago Uchi dapat dilihat pada artikel Serangan Seiken pada Kyokushin Karate.

Berbeda dengan serangan tsuki yang dapat kita lihat pada Seiken Chudan Tsuki, dimana posisi netral adalah salah satu tangan lurus ke depan, dan salah satu tangannya berada di samping dada. Ketika tangan kanan akan menyerang, tangan kiri ditarik, dan setelah tangan kanan berada pada posisi puncak serangan, tangan tidak langsung ditarik kembali, tapi ditariknya ketika tangan kiri akan menyerang.

Berikut ini ada tutorial video yang cukup detail dan baik tentang serangan uchi pada Seiken Ago Uchi:



Ciri Serangan Uchi:

1. Kecepatan
Serangan uchi ini cenderung cepat karena hampir selalu dilakukan dengan tangan yang di depan. Jadi jika kita kuda-kuda dengan kaki kiri di depan, maka kebanyakan serangan ini dilakukan dengan tangan kiri. Karena dilakukan dengan tangan yang di depan, dan bukan tangan belakang, maka kecepatan pukulan untuk mencapai sasaran bisa lebih cepat.

2. Daya Dorong
Daya dorong serangan uchi ini tidak besar, tapi sentakannya bagus karena serangan ini lebih menitik-beratkan kepada serangan kejutan dan kecepatannya. karena cepat, serangan ini cocok digunakan untuk membuyarkan konsentrasi lawan, sebelum melancarkan serangan sesungguhnya.

3. Daya Rusak
Daya rusak serangan uchi ini tidak besar, tapi akan berdampak jika digunakan untuk menyerang daerah-daerah vital yang rapuh seperti wajah, dagu, leher, karena daerah tersebut akan fatal walaupun hanya terkena serangan uchi. Tapi karena semua itu tidak diperbolehkan dalam pertandingan, maka alternatifnya bisa juga menyerang ke arah dada beberapa kali dan disusul oleh serangan tangan kanan sebagai pendobrak.

Penulis pernah melihat seorang juara nasional karateka ketika berlaga di pertandingan di kawasan Jakarta yang melatih tangan depannya dengan baik. Beliau bisa memukul tangan depannya hingga tiga kali berturut-turut dan penulis sampai bisa mendengar suara berdebum dari kerasnya hantaman seikennya mengenai rongga dada lawan diikuti suara waaaah dari penonton. Lawannya pasti tidak menduga jabnya bisa sekeras itu. Intinya, apapun yang kita latih, pasti akan menjadi senjata yang baik, walaupun yang dilatih itu adalah hal yang kecil.

Untuk perbandingan antara serangan uchi dan serangan tsuki, bisa ikuti pembahasannya di artikel sebelumnya tentang Serangan Tsuki pada Kyokushin Karate

Semoga bermanfaat.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Serangan Uchi pada Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/08/serangan-uchi-pada-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg