Serangan Kombinasi Pada Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Friday, May 23, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Serangan Kombinasi Pada Kyokushin Karate

Pertandingan kyokushin selalu menarik untuk dilihat, selain dari segi tehnik, fisik, kita juga bisa melihat banyak kombinasi-kombinasi serangan yang bagus pada atlet-atlet karateka senior. Apakah serangan kombinasi itu? Apa keuntungan dari serangan kombinasi yang bagus? Bagaimana cara melatihnya? Berikut ini penulis akan berbagi tentang seluk beluk serangan kombinasi dan manfaatnya dalam perkelahian.


Pada jiyu kumite (perkelahian bebas satu lawan satu), karateka akan sangat sering jual beli bertukar serangan. Terkadang serangan lawan sengaja dibiarkan masuk, agar kita bisa menyerang titik lemah lainnya. Hal ini seperti perang, tarik ulur terus, dan akan terus menerus terjadi. Lalu apa kunci dari memenangkan jual beli serangan itu?

Inti dari kemenangan adalah berhasil membuat lawan KO. Memang ada faktor lain seperti penghitungan poin belum ada lawan yang jatuh, tapi hal itu bukan tujuan utama. Kepuasan dan penerapan tehnik tertinggi tetap berada pada kemenangan secara KO. Dan salah satu syarat utama untuk mencapai itu adalah dengan mendobrak titik-titik vital lawan dengan serangan yang tajam dan keras. Tetapi dalam prakteknya, bisa sangat sulit karena lawan tidak hanya diam tapi menangkis dan membalas serangan kita, sehingga kita perlu serangan-serangan pengecoh sebelum serangan pendobrak itu bisa dilakukan. Disinilah peran kombinasi diperlukan.

Serangan berdasarkan dampaknya bisa dibagi menjadi dua, yaitu serangan pengecoh dan serangan pendobrak atau puncak. Serangan pengecoh ini berpeluang kecil untuk men-KO lawan, bisa memberikan rasa sakit pada lawan saja sudah baik. Tapi jika dilakukan dengan benar dan pintar, akan cukup untuk membuyarkan konsentrasi lawan.

Serangan kedua yaitu serangan puncak, yaitu serangan yang memiliki power besar dan target vital sehingga memiliki peluang besar untuk men-KO lawan. Tetapi kekurangan dari serangan puncak ini adalah membutuhkan ancang-ancang yang cukup terlihat sehingga jika langsung dilakukan sebagai serangan pembuka, maka akan mudah terbaca oleh lawan.

Inti dari serangan kombinasi adalah mencari celah titik lemah lawan dengan cara mengecoh dengan serangan-serangan pembuka, dan melancarkan serangan puncak ketika lawan lengah. Beberapa contoh dari serangan puncak ini antara lain Uraken Sinta Cuki (uppercut) ke rusuk, Mawashi Geri ke kepala, Mawashi Ushiro Geri ke ulu hati, ataupun Mawashi Kubi Geri ke kepala.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatih kombinasi yang bagus? berikut ini caranya:

1. Belajar dari senior
Terkadang ada hal-hal yang sulit kita serap dari latihan sehari-hari, tapi sudah pernah dialami oleh senior kita, terutama yang sudah sering ikut pertandingan dan melawan berbagai tipe karateka. Kebanyakan senior di kyokushin selalu menghormati juniornya dan tidak pelit untuk berbagi, asalkan kita tunjukkan kesungguhan dan semangat kita.

2. Sparring
Banyak hal yang jauh lebih mudah untuk dipraktekkan daripada dikatakan, dan banyak hal yang lebih mudah dipelajari dengan praktek daripada sekedar diperagakan. Sparring adalah salah satu cara terbaik untuk belajar dan mencoba serangan-serangan baru kita. Untuk melatih tehnik, gunakan hanya 30 persen tenaga saja karena power berlebihan dapat merusak tehnik yang sedang dipelajari.

3. Kenali diri kita
Kita harus mengetahui potensi yang ada pada diri kita. Apakah pukulan kita cukup bagus dan menyakitkan? Apakah tendangan kita sudah akurat? Apakah kita bisa menahan beberapa pukulan untuk melakukan serangan balasan? Semua itu harus kita pahami agar kita bisa mengambil keputusan tentang apa yang akan kita lakukan pada saat kumite. Hal-hal ini semua dapat diketahui lebih jelas pada sesi sparring.

4. Memilih senjata
Ketika akan mencoba membuat kombinasi, kita harus memilih serangan puncak apa yang ingin kita gunakan, kemudian asah terus serangan itu sampai benar-benar bagus. Percuma jika kita bisa melakukan semua jenis serangan, tapi semuanya hanya standar-standar saja. Lebih baik kita bisa melakukan satu jenis serangan tapi sangat menguasai dan bisa diandalkan dalam kumite.

5. Berani kotor
Berani kotor itu baik. Untuk melakukan kombinasi yang baik, kita harus berani kena pukul dan masuk ke jarak serang lawan. Kena beberapa pukulan itu biasa, jadi jangan sampai membuat nyali kita ciut. Jika terkena beberapa pukulan, balas dengan serangan balik yang lebih menyakitkan.

Demikian ulasan singkat tentang kombinasi, semoga bisa memberi gambaran tentang pentingnya kombinasi. Tidak ada ulasan artikel yang mutlak seperti itu, karena manusia memiliki tubuh dan kemampuan yang berbeda-beda, belum lagi ditambah dengan faktor lingkungan yang bisa menjadi faktor x dimana selalu ada hal-hal di luar dugaan yang belum pernah kita temui sebelumnya. Konsultasikan ke pembina anda tentang hal apa yang harus diperbaiki dan bagaimana perkembangannya.

Selamat berlatih.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Serangan Kombinasi Pada Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/05/serangan-kombinasi-pada-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg