Serangan Seiken pada Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Sunday, October 19, 2014 1 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Serangan Seiken pada Kyokushin Karate

Serangan-serangan seiken adalah serangan yang paling standard. Kalau diijinkan, penulis ingin menyebutnya serangan paling primitif dalam artian sangat dasar, karena seorang anak kecil yang baru belajar berkelahi pun pasti menggunakan serangan ini walaupun dengan gerakan yang sangat kacau.

Tameshiwari oleh Grandmaster Oyama dengan menggunakan Seiken Chudan Tsuki.

Seiken adalah bentuk kepalan tangan yang menggunakan kento, yaitu pangkal jari telunjuk dan jari tengah ketika tangan terkepal sebagai bagian yang dihantamkan ke tubuh lawan. Penjelasan tentang kento ini dapat dilihat di Kento, Rahasia Pukulan Kyokushin

Gerakan ini diawali dengan meletakkan kepalan tangan di samping dada, kemudian melontarkannya ke tubuh lawan. Kebanyakan serangan seiken ini adalah bentukan dari tsuki, yaitu pada saat menyerang, bobot lengan dilontarkan sepenuhnya ke depan dan tidak ditarik kembali setelah serangan berakhir.

Cara ini akan memberikan power yang lebih keras dibandingkan serangan yang setelah mengenai tubuh lawan, ditarik kembali(dalam dunia tinju dikenal dengan istilah Jab, dalam kyokushin dikenal dengan nama seiken ago uchi). Uraian lebih jelas tentang jenis pukulan tsuki ini, bisa dibaca di Serangan Tsuki pada Kyokushin Karate

Berikut ini macam-macam serangan standard yang menggunakan seiken:

a. Seiken Cudan Tsuki

Karateka di sebelah kanan melakukan Seiken Chudan Tsuki tepat ke uluh hati lawannya.

Yaitu pukulan lurus menggunakan seiken dari samping dada melaju ke arah uluh hati lawan. Bagian yang dipukulkan adalah kento. Seiken artinya adalah kepalan tangan dengan kento di depannya, cudan artinya arah uluh hati, dan tsuki artinya setelah serangan puncak (saat tangan telah lurus dan kento mengenai sasaran), tangan tidak ditarik kembali.
Serangan dari Seiken Cudan Tsuki ini dibagi tiga menurut arah pukulannya, yaitu ke arah atas atau Jodan dan bawah atau Gedan. Seiken Jodan Tsuki mengarah ke atas, sekitar hidung lawan, sedangkan Seiken Gedan Tsuki mengarah ke bawah, sekitar perut lawan.

b. Seiken Ago Uchi

Peragaan oleh Akiyoshi Matsui untuk kuda-kuda pada gerakan Seiken Ago Uchi. Pukulan ini diutamakan kecepatannya, sehingga posisi kepalan tangan tidak disamping dada seperti biasanya.

Yaitu pukulan lurus ke arah dagu lawan dan setelah selesai ditarik kembali sehingga menyerupai jab. Jenis pukulan yang ditarik ini, tidak akan memberikan efek sekeras pukulan jenis Tsuki, tapi memiliki keunggulan berupa kecepatan yang lebih baik.
Pukulan ini paling berbeda dari yang lainnya karena ancang-ancang dimulai di samping telinga, dan setelah pukulan sampai pada puncak pukulan, tangan langsung ditarik kembali tanpa menunggu serangan oleh tangan satunya.

c. Seiken Mawashi Gamen Uchi


Yaitu pukulan melingkar ke arah pelipis lawan. Lintasan kento sangat pas untuk menghantam pelipis karena lintasa berasal dari luar. Cara melakukannya adalah dengan meletakkan tangan kanan di belakang pinggang, dan tangan kiri mengikuti menutupi rusuk kanan. Dari posisi tersebut, gerakkan tangan kanan memutar ke arah samping, kemudian ke atas, melewati pelipis, dan berhenti tepat di depan kedua mata. Setelah itu posisikan tangan kiri di belakang pinggang dan lakukan hal yang sama.

Pada posisi ini, serangan Seiken Gamen Uchi akan sangat efektif

Pukulan ini akan efektif jika kita sedang diancam orang dengan posisi mencengkeram kerah kita, karena pada saat itu, pelipis lawan berada dalam posisi terbuka dan berada di lintasan seiken mawashi gamen uchi.

Baca juga, daftar seluruh serangan dasar menggunakan tangan dari kyokushin di Pukulan Dasar pada Kyokushin Karate.

Demikian macam-macam jenis pukulan standard dengan seiken. Semoga membantu.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Serangan Seiken pada Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/10/serangan-seiken-pada-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Reza Miyamoto said...

mohon maaf saya ingin bertanya, apakah perbedaan Seiken Mawashi Gamen Uchi dengan Uraken Mawashi Uchi?
https://www.youtube.com/watch?v=BuR9IP78aWA

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg