Peraturan Kumite Pada Kyokushin Karate

Posted by Syauqi San Thursday, November 20, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Peraturan Kumite Pada Kyokushin Karate

Kumite pada dunia kyokushin karate sangat keras karena menggunakan sistem full body contact alias tidak menggunakan pelindung apapun, sehingga pada pertandingan dibuat suatu peraturan baku yang tidak boleh ditawar dengan tujuan untuk melindungi peserta pertandingan supaya tidak mengalami cedera tanpa mengurangi arti dari beladiri itu sendiri. Berikut ini penulis akan menjabarkan aturan-aturan tersebut.

Fransisco Filho ketika melakukan jiyu kumite pada masa mudanya.

Kumite dapat diartikan secara harfiah sebagai pertemuan tangan, dan diartikan secara umum sebagai perkelahian satu lawan satu secara terhormat. Kumite sendiri terbagi menjadi 3 macam, yaitu ippon kumite, sanbon kumite dan jiyu kumite. Untuk lebih jelasnya tentang kumite, bisa dibaca pada artikel Kumite pada Kyokushin Karate

Pada kumite terdapat banyak sekali kemungkinan cedera yang terjadi karena kedua belah pihak saling menyerang dengan 100 persen power. bisa dibayangkan bagaimana jika hidung kita dihantam oleh seiken dengan power yang maksimal. Mungkin organ-organnya akan rusak atau bahkan hancur. Petinju saja yang menggunakan sarung tinju setebal itu saja masih sering cedera wajahnya. apalagi kento yang tidak diredam apapun.

Jika tidak ada aturan kumite, maka cedera yang ditimbulkan tidak hanya berdarah saja, tapi bisa juga cedera fatal dan pendarahan dalam.

Untuk menyerang kepala, ada perbedaan antara serangan dengan tangan dan kaki. Kaki boleh menyerang kepala, tetapi tangan tidak boleh karena tangan terletak di atas dan memiliki kecepatan yang tinggi untuk mencapai kepala. Cedera yang ditimbulkan bisa fatal. Tetapi untuk kaki, jauh lebih mudah terbaca sehingga kaki diperbolehkan untuk menyerang kepala dan biasanya digunakan sebagai gerakan akhir dari kombinasi.

Serangan-serangan yang diperbolehkan:
Menyerang dada, rusuk, perut.
Menyerang paha.
Menendang kepala.
Menyerang dengan menggunakan kombinasi.
Menyerang menggunakan lutut.
Menyerang dengan menggunakan sikut secara tidak ngawur.

Melakukan serangan yang tidak lazim digunakan dan tidak diduga lawan boleh dilakukan dan menyebabkan lawan kehilangan ritme dan konsentrasinya.

Serangan-serangan yang dilarang:
Memukul kepala atau leher.
Memukul atau menendang kemaluan.
Tidak boleh menyerang dengan niat mematahkan persendian.
Tidak boleh menyerang lawan dr belakang.
Tidak boleh menyerang lawan yg berada di bawah.
Mendorong dengan telapak tangan terbuka. Tetapi diperbolehkan untuk mendorong dengan seiken (kepalan tangan).

Ketika lawan sudah berada di bawah, karateka tidak diperkenankan menyerang. Pada saat ini wasit sudah memiliki penilaian sendiri.

Peraturan tambahan:
Tidak boleh memakai pelindung apapun selain protector yang diijinkan.
Tidak boleh mengejek atau menjelek-jelekkan lawan dengan kata-kata dan gerakan menghina.
Memegangi atau menarik-narik karategi lawan.
Mengait kepala lebih dari 3 detik.

Catatan:
Peraturan ini tidak sepenuhnya baku, tetapi bisa berubah sedikit sesuai dengan keputusan panitia penyelenggara dengan pengawasan dari dewan perguruan.


Protector yang diijinkan:
Dalam kyokushin yang bersistem full body contact, tidak ada pelindung apapun yang dipakai oleh karateka. Tetapi untuk beberapa alasan, penggunaan protector tetap diperkenankan. Berikut ini macam-macam protector yang diperkenankan:

1. Groin Protector
Groin protector ini digunakan untuk melindungi kemaluan khusus pada pria. Gunanya adalah melindungi organ testis pria yang merupakan aset yang amat sangat lemah. Insiden penyerangan ke kemaluan ini sering terjadi ketika melawan karateka junior yang blum punya reflek baik sehingga masih sering terjadi salah sasaran, awalnya mau ke perut tapi karna capek, jadi turun ke groin. Groin protector in berupa mangkok yang melindungi kemaluan, dan jika terkena hantam keras, maka yang sakit hanyalah pangkal paha bagian dalam, dalamnya aman. Jangan lupa untuk memakai protector ini di dalam celana karategi, jangan di luar karategi karena akan sering bergeser, dan ketika bergeser, tepian tempurung tersebut akan malah menekan testis pria dan malah sakit ketika menendang.
Info lebih lengkap tentang groin protector ini pernah dibahas pada artikel Kin Geri Tendangan Kemaluan Kyokushin Karate

Contoh groin protector (pelindung kemaluan) ketika dipakai.
Bagian dari pelindung kemaluan yang terbuat dari plastik yang tebal dan keras dan memiliki pinggiran karet agar tidak mencederai pangkal paha tempat pelindung ini menumpu.

2. Protector tulang kering yang menyambung ke haisoku, helm, dan glove.
Glove di sini adalah yang ketebalannya tidak setebal sarung tinju, tapi lebih tebal dari yang biasa dipakai oleh beladiri MMA (Mixed Martial Arts). Untuk helm, menggunakan yang sama dengan yang dipakai oleh beladiri Tae Kwondo yang melindungi seluruh kepala dengan sepon, terutama bagian samping yang rawan terkena mawashi geri (roundhouse kick, tendangan memutar dari samping ke arah pelipis). Sedangkan untuk kaki, pelindung berupa sepon yang melindungi haisoku (punggung kaki) dan menyambung ke tulang kering.

Pelindung yang digunakan untuk melindungi karateka yunior agar cedera yang timbul tidak mengganggu masa pertumbuhannya.

Shin protector, untuk melindungi kerasnya tulang kering dan haisoku (punggung kaki) sehingga dampak yang ditimbulkan bisa diredam, tapi tetap tidak menutup kemungkinan untuk KO ketika menggunakan protector ini.

3. Breast Protector
Pelindung ini khusus untuk wanita dimana di bagian dada terdapat kelenjar yang fatal jika menerima serangan yang berlebihan. Hal ini diperlukan agar organ wanita tersebut tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya. Tetapi pelindung ini masih jarang ditemui di pertandingan-pertandingan umum. Protector ini berbahan kain dan berisi plastik keras

Breast Protector, pelindung dada khusus wanita.

Demikian peraturan yang ada pada karate aliran kyokushin full body contact. Semoga bermanfaat.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Peraturan Kumite Pada Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi San
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/11/peraturan-kumite-pada-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg