Manfaat Latihan Intensif

Posted by Syauqi Friday, July 6, 2012 4 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Manfaat Latihan Intensif

Tidak terasa hari pertandingan sudah sisa 2 minggu lagi. porsi peningkatan latihan TC(Training Center) yang saya lakukan semakin terasa membuahkan hasil.

Latihan secara intensif dapat meningkatkan kemampuan kita secara signifikan. Hal ini akan terasa ketika menjalani latihan menuju pertandingan.


Porsi latihan standard dari dojo yang biasanya bisa membuat saya ngos-ngosan, sekarang sama sekali tidak membuat saya capek. Inilah yang saya suka dari latihan intensif menjelang pertandingan. Badan kita dipaksa untuk mencapai tingkat lebih tinggi, sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi yang sangat melelahkan.

Peningkatan diri dengan latihan intensif seperti ini sangat signifikan. Berikut ini beberapa yang saya dapatkan dengan hanya sekitar satu atau dua bulan intensif:

1. Menyelaraskan gerakanTendangan saya yang awalnya tidak tepat sasaran dan malah sering tidak imbang lantas jatuh ketika melakukan, sekarang bisa dengan mudah dilakukan, malahan bisa kembali ke tempat awal berpijak dengan mulus. Gerakan yang dilakukan berulang-ulang secara kontinyu ini, bermanfaat untuk membentuk urat-urat halus di bagian tersebut. Sama seperti atlet binaraga yang melatih otot luar, saya melatih otot dalam.

2. Timing serangan yang semakin baik. Kalau dulu saya mengeluarkan serangan dengan full power mulai dari awal sampai akhir, sekarang power hanya mulai saya isi sepersekian detik sebelum tangan atau kaki berada di bagian puncak akhir serangan, dengan kata lain, ketika mendarat di badan lawan. Hasilnya, serangan jadi lebih cepat dan bisa lebih hemat tenaga. Pembina saya bilang ‘hemat bensin’.

3. Melatih Reflek, tujuan dari melakukan gerakan combo yang sama berulang kali adalah mengisi memori, jadi ketika ada kesempatan terbuka, badan kita bisa secara reflek menyerang sesuai combo yang kita latih.

4. Terlatih mencari celah. Setelah berulang kali melakukan sparing, dan menghadapi situasi berhadap-hadapan secara dekat, kita akan bisa mengetahui celah mana yang kosong dari lawan untuk diserang. Tentunya sebelum dia yang menyerang kita.

5. Membangun mental, melawan diri sendiri. Ketika merasa capek, kebanyakan orang akan berhenti dan beristirahat. Tapi di pelatihan intensif ini, kita terus dipaksa menyerang walaupun badan kita sudah sangat capek. Dengan itu kita membangun alam bawah sadar kita untuk terus beranggapan kita masih bisa dan akhirnya badan yang sudah capek, bisa terus menyerang karena mental yang berbicara. Sehingga ketika orang yang tidak terlatih sudah menyerah dan memegangi lutut, kita diharapkan masih sanggup memaksa diri kita untuk terus bertahan tanpa menunjukan sikap lelah kita. Yah, mungkin situasi seperti itu bisa saja dihadapi di jalanan, dan bisa membuat kita lebih terjaga untuk bertindak, tapi semoga saja hal itu tidak pernah terjadi.

Semoga bermanfaat dan menjadi semangat untuk yang ingin berlatih intensif dan merasakan lonjakan Kemampuan fisik dan tehnik.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Latihan Intensif
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2012/07/manfaat-latihan-intensif_06.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 comments:

Unknown said...

Terimakasih buat infonya sangat bermanfaat untuk saya akan saya terapkan ketika tanding besok Rabu,10 April 2013.. Sekali lagi terimakasih ...

Syauqi said...

oss,
sama2. senang bisa berbagi.
semoga sukses di pertandingannya.

Unknown said...

terima kasih Sensei / Senpai atas ilmunya .oss..salam dari Bandar Lampung

Syauqi said...

Oss, sama-sama senpai. senang bisa bermanfaat. oss.

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg