Beladiri Terkuat | The Best Martial Arts

Posted by Syauqi Tuesday, August 13, 2013 9 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Beladiri Terkuat | The Best Martial Arts

Kali ini mari kita bahas tentang beladiri apa yang terkuat versi penulis. Penulis hanyalah seorang praktisi kyokushin karate pemula yang juga punya pendapat pribadi dan seringkali menghadapi situasi dan pertanyaan seputar apa sebenarnya beladiri terkuat di dunia ini? Berikut ini ulasan versi penulis:


Beladiri Terkuat seringkali menjadi hal yang dicari oleh sebagian besar orang tanpa memperdulikan faktor-faktor lain

Seringkali kita terlibat dalam percakapan dengan teman-teman tentang aliran beladiri apakah yang terbaik. Tiap orang selalu membanggakan aliran beladiri yang dimiliknya dengan seribu alasan. Tapi menurut penulis, tidak ada yang dinamakan aliran beladiri apa yang terkuat. Berikut alasannya:


1. Tidak ada keseragaman peraturan dalam pertandingan
Jika dalam pertandingan, poin adalah hal yang digunakan untuk mengukur kemenangan seseorang. Bisa dibayangkan jika atlet taekwondo yang mengikuti pertandingan boxing. Kaki sebagai senjata utama praktisi taekwondo menjadi tidak bisa dipakai, terlebih akan menyebabkan diskualifikasi. Atau misalkan praktisi gulat yang mengikuti pertandingan taekwondo. Kemampuan groung fightingnya tidak akan bisa menghasilkan poin.

2. Perbedaan Senjata
Senjata para praktisi beladiri adalah anggota tubuhnya, dan tiap aliran beladiri memfokuskan diri pada bagian tertentu, misalnya taekwondo yang lebih kuat di kaki, boxing yang lebih kuat di tangan, silat yang kuat di kecepatan dan kegesitan, gulat ke arah kuncian dan ground fighting, kyokushin yang lebih kuat pada jual beli serangan, dan masih banyak lainnya. Atau beladiri yang melatih semua anggota tubuhnya dengan porsi rata, bahkan senjata seperti silat.

3. Perbedaan Situasi dan Kondisi
Tujuan beladiri bisa bermacam2. Terkadang suatu aliran sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga hanya berlaku pada situasi dan kondisi tertentu.
Kita ambil contoh, Shotokan Karate misalnya, dalam pertandingan Shotokan, penggunaan tenaga full power akan didiskualifikasi. Sedangkan dalam Kyokushin Karate, diperbolehkan. Contoh lain, Boxing, boxer tidak diperkenankan menendang dalam pertandingan. Tapi itu semua berubah ketika praktisi tersebut menggunakan kemampuannya pada keadaan di luar pertandingan, misalnya di jalanan yang melegalkan segala bentuk serangan bahkan ke kemaluan dan menggunakan senjata.

4. Perbedaan Definisi Terhadap Istilah "Terbaik"
Definisi terbaik untuk setiap aliran beladiri amat sangat beragam. Terlalu beragam untuk diambil satu garis tengah untuk seluruh beladiri yang ada.
Kita ambil contoh, Kyokushin banyak menggunakan kekuatan fisik luar, jadi standard terbaik menurut Kyokushin lebih cenderung diberikan kepada praktisi yang memiliki stamina baik, mental baja, dan daya tahan dalam menerima serangan dan counter yang baik, kemampuan jual beli serangan, dan semacamnya.
Sedangkan jika dalam aliran lain, misalkan saja aikido. Maka standard terbaik akan diberikan kepada praktisi yang bisa dengan efektif memanfaatkan tenaga serang lawan.


Kesimpulan penulis:  It’s the singer not the song.

Sehebat apapun suatu beladiri, selalu saja direpresentasikan oleh praktisinya. Bila praktisinya baik, maka hasilnya akan baik. Begitu juga sebaliknya. Jika praktisi beladiri menyukai suatu aliran, maka dia akan berkembang pesat di aliran tersebut karena dia menggunakan aliran beladiri yang cocok dengan dia.

Pembicaraan beladiri manakah yang terbaik, tidak akan pernah selesai. Sehingga penulis menyarankan agar kita menerima dan memaklumi semua pendapat sahabat kita, dan menerima semua perbedaan tersebut sebagai keanekaragaman beladiri yang ada di sekitar kita.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Beladiri Terkuat | The Best Martial Arts
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2013/08/beladiri-terkuat-best-martial-arts.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

9 comments:

danasahabat.blogspot.com said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Terimakasih sobat, Raras sebenernya tertarik dengan seni beladiri seperti ini, namun ditempat kami, gak ada pembimbing profesional, jadi gak tersalurkan keinginannya, hehehe

Syauqi said...

kalau raras tertarik, bisa menghubungi cabang-cabang yang ada di masing-masing perguruan kyokushin. saya rasa sudah tersebar di seluruh indonesia. atau nanti pm, dan saya berikan link-link tentang daftar perguruan yang ada di indonesia. :)

Unknown said...

saya tertarik sih kyokushin, tapi saya udah di shotokan :v

Syauqi said...

Gak apa-apa gan. Lanjutkan. :)

Unknown said...

pada dasarnya semua aliran beladiri mempunyai kelebihan dan kekurangan, yang terpenting rasa saling menghormati dan menghargai :)

Syauqi said...

Setuju sama pak Nazril. Oss!

Unknown said...

oss, setuju....
yang terpenting semua aliran mempunyai tujuan yg sama, yaitu untuk beladiri, bukan untuk berkelahi atau pamer pameran.....

Syauqi said...

Oss.

Setuju juga senpai Fian. Beladiri apapun jika digunakan dengan benar, maka hanya akan digunakan untuk membela diri jika itu adalah jalan terakhir yang tidak bisa dihindari lagi.
tapi klo dipakai untuk pamer, mungkin namanya bukan beladiri lagi, tapi pamerdiri. :)

oss.

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg