Jual Beli Serangan Dalam Pertandingan Kyokushin

Posted by Syauqi Wednesday, November 13, 2013 4 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Jual Beli Serangan Dalam Pertandingan Kyokushin

Jual beli serangan dalam pertandingan kyokushin adalah hal biasa, sehingga luka-luka dan memar-memar sudah pasti menghiasi seluruh badan. Terlebih bagi yang berhasil menang ke beberapa putara berikutnya sehingga menjalani banyak jual beli serangan. Bagaimanakah menyikapinya? Luka-luka seperti apa saja yang bisa muncul? Obat apa saja yang digunakan? Bagaimana cara merawatnya. Berikut ini penulis mencoba mengulas tentang itu semua.

Sebelumnya, penulis ingin menghimbau agar banyak dari warga yang membaca artikel ini agar mengikuti pertandingan, karena sebenarnya ujian itu lebih berat daripada pertandingan. Hal ini karena pada saat ujian, kita harus menyelesaikan seluruh proses ujian. Jika gagal atau menyerah, maka kita tidak lulus ujian. Berbeda dengan pertandingan, ketika kita tidak sanggup, kita tinggal menyerah saja. Ingatlah hal ini ketika anda mengira pertandingan adalah hal yang berat.

Luka-luka dalam pertandingan kyokushin sudah menjadi hal biasa


Jenis luka yang umum dalam kyokushin

Luka Luar
Dikatakan luka luar ketika darah mengucur ke luar. Pada pertandingan kyokushin, kebanyakan luka ini timbul pada bagian kento (pangkal telunjuk dan jari tengah) karena banyak digunakan memukul atau tergores.

Penanganan yang sebaiknya dilakukan adalah dengan membersihkan luka dan menutupnya dengan plester. Kebanyakan wasit pada aliran full body contact akan melarang penggunaan dekker, bebelan tangan, ataupun lainya, tapi plester yang menutupi luka tidak akan dilarang. Tapi plester pada kento tidak akan bertahan lama karena digunakan untuk terus menyerang.

Bagaimana bila ada luka sobek yang menganga dan terus mengeluarkan darah? Tutup dengan plester seperti pada gambar diatas.

Luka Memar
Luka memar terjadi karena pecahnya pembuluh darah akibat benturan benda tumpul atau terkena pukulan dan tendangan. Luka memar ini menurut pengobatan medis, harus dirawat dengan diberi yang dingin-dingin seperti es batu atau obat medis semprot, tapi hanya selama 24 jam, setelahnya baru diberi dengan obat panas. Tetapi menurut pengobatan Traditional Chinese Medicine, semenjak awal luka harus di rawat dengan yang panas-panas. Penulis sendiri sering mencari es batu pada bagian medis, kalau tidak ada, maka diberi obat panas ketika sudah sampai di rumah.

Shu Jin Lu, baik untuk luka memar


Obat yang disarankan adalah Shu Jin Lu. Obat cina ini bisa didapatkan dengan mudah di toko obat cina karena sudah menjadi obat umum yang banyak sekali dikonsumsi masyarakat. harganya pun murah yaitu sekitar lima puluh ribu rupiah untuk kemasan semprot sebanyak 60 ml. Semprotkan ke daerah luka dan pijat perlahan.

CederaTulang
Sering kali benturan yang terlalu keras menyebabkan tulang mengalami sedikit keretakan. Cidera ini paling banyak terjadi pada haisoku (punggung kaki) ketika menendang ke arah sikut, ataupun lengan karena menahan serangan. Cidera ini akan menyebabkan daging disekitarnya bereaksi dengan membengkak seperti kaki gajah disertai rasa sakit. Pada saat pertandingan dan beberapa jam setelahnya, rasa sakitnya belum begitu terasa, tapi besok paginya akan sangat sakit terutama cedera di kaki.

Contoh cedera tulang yang mengakibatkan kaki bengkak


Penanganan yang dianjurkan adalah jangan memijatnya. karena tukang pijat akan memijat dan malah memperparah retak tulang ini. Pijatan boleh saja, tapi hanya membenarkan posisi tulang pada cidera kaki atau pada susunan tulang lain.

Zheng Gu Shui kemasan 60 ml, cocok untuk cedera tulang


Obat yang sangat disarankan adalah Zheng Gu Shui. Untuk penggunaan optimal, pakai obat ini sehari tiga kali. Cara pakainya adalah dengan cara menempelkan selembar kapas pada area cidera kemudian menyemprotkan obat ini sampai kapas tersebut basah. Setelah beberapa kali penggunaan, kulit akan terbakar saking panasnya dan mungkin mengalami luka bakar. Itu wajar. Ingat, jangan gunakan Zheng Gu Shui ini ketika posisi tulang tidak baik, karena tulang akan kembali diutuhkan dalam posisi tersebut.

Contoh pemakaian Zheng Gu Shui


Sama dengan Shu Jin Lu, Zheng Gu Shui bisa ditemukan di toko obat cina. Harganya sekitar 35.000 untuk kemasan semprot 60 ml.

Demikian luka-luka dalam kyokushin secara singkat.
Semoga bisa membantu.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jual Beli Serangan Dalam Pertandingan Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2013/11/jual-beli-serangan-dalam-pertandingan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 comments:

David Eka Wibowo said...

Senpai... itu foto yg di atas koq sepertinya familiar ya sama tempatnya... itu di kampus UKP Surabaya ya? Hehehe...

Salam kenal Senpai! Saya David dari dojo ShinKyokushin di Surabaya...

OSU!!!

Syauqi said...

oss!
bener senpai. itu di kampus UK Petra Surabaya. Tiap ada kejuaraan, selalu di situ lokasinya. yang banyak anginnya. :)
salam kenal jg senpai. :)
Oss !

Unknown said...

hari minggu tgl 10 mei 2015 saya akan berlaga di sana. somoga yg terbaik. laga pertama ini soalnya. amien
oss

Syauqi said...

oss.
jangan gugup senpai, maksimalkan di pertandingan pertama ya, klo bagus, lawan berikutnya akan keder.
lagian, klo udah menang sekali, pertandingan ke dua atau ketiganya bakalan gregetan pengen segera mulai. hahaha.

Selamat berjuang senpai. Semoga menang. Tetap jaga kepala, perform yg terbaik.
oss!

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg