Cara Memakai Hand Wrap Wrist Wrap Pada Kyokushin

Posted by Syauqi Tuesday, November 26, 2013 8 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Cara Memakai Hand Wrap Wrist Wrap Pada Kyokushin

Apa hand wrap / wrist wrap itu? Bagaimanakah cara memakai hand wrap yang benar? Para praktisi beladiri seringkali memakai hand wrap ini ketika bermain sansak, dan apa tujuannya? Berikut ini akan diulas tentang hand wrap.


Hand Wrap yang digunakan untuk melindungi kento ketika bermain-main dengan sansak

Hand wrap adalah kain panjang yang digunakan untuk membungkus tangan kita, umumnya mulai dari pergelangan tangan sampai ke pangkal jari. Ada yang panjang dan ada yang pendek. Biasanya yang pendek hanya membungkus pangkal-pangkal jari dan pergelangan tangan, sedangkan yang panjang bisa membungkus mulai dari pergelangan tangan, punggung tangan, pangkal-pangkal jari dan digulung ke atas pergelangan tangan untuk bahan penambah bantalan benturan ketika memukul.

Tujuan menggunakan hand wrap ini adalah agar melindungi tangan kita ketika bermain-main dengan sansak. Memukul sansak dengan tangan kosong sangat beresiko untuk menyebabkan kulit kento (pangkal jari telunjuk dan jari tengah) mengalami sobek yang disebabkan karena kulit kento kita tidak bisa menahan kerasnya pukulan yang dilontarkan.


Contoh luka sobek pada kento karena tidak menggunakan hand wrap

Pukulan yang bisa dilakukan ketika memukul sansak tanpa hand wrap adalah pukulan yang tegak lurus ke sansak, sedangkan uraken (upper cut) tidak disarankan karena hampir bisa dipastikan terjadi gesekan dengan power yang tinggi sehingga kulit kento akan sobek.

Berikut ini adalah step-step memakai hand wrap yang benar dengan hand wrap yang panjang. Cara ini bukan satu-satunya cara, tapi bisa juga divariasikan dengan panjang hand wrap dan kenyamanan pemakaian.


Step by step menggunakan hand wrap panjang

Perhatikan, di gambar kedua dan ketiga, gulungan itu digunakan untuk membentuk bantalan pada kento. Semakin banyak gulungannya, semakin empuk bantalannya. Perhatikan juga step 4,5 dan 6 digunakan untuk memisahkan jari jemari agar tetap terbentuk terpisah, karena jika jari-jari menyatu akan membuat tangan susah dikepalkan.

Berikut ini hand wrap yang dipakai oleh penulis. hand wrap ini tergolong pendek, tapi cukup nyaman untuk bermain-main dengan sansak. Penulis sendiri tidak ingin menggunakan hand wrap panjang yang terlalu tebal karena pada kumite di dojo maupun bila terpaksa berkelahi di jalanan, kita tidak akan sempat mengenaan hand wrap dan sudah terbiasa menggunakan tangan kosong.


Cara memakai hand wrap / wrist wrap pendek versi penulis


Semoga bermanfaat.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Memakai Hand Wrap Wrist Wrap Pada Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2013/11/cara-memakai-hand-wrap-wrist-wrap-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

8 comments:

Unknown said...

ohh seperti itu cara pakainya,, terimakasih gan
Training Auditor

kristia andrianto suyadi said...

thx gaan

Syauqi said...

sama2 gan... (y)

Unknown said...

gan, tapi saya mukulin sansak tanpa pelindung juga gapapa sih

Unknown said...

gan, tapi saya mukulin sansak tanpa pelindung juga gapapa sih

Syauqi said...

Tidak apa-apa jika pukulan datang dari arah tegak lurus permukaan sansak, tapi kalau pukulan itu menukik, atau uraken (uppercut), ditambah lapisan sansak terbuat dari terpal yang tebal dan kasar, bisa dipastikan beberapa pukulan keras bisa membuat kulit terkelupas. belum lagi kalau pukulan kita meleset dan kulit tepi kepal kita yang menggesek kulit sansak yang kasar.

Saya sangat menyarankan tetap menggunakan handwrap untuk melindungi tangan anda, terutama ketika hari pertandingan sudah dekat.

Oss!

bambangroni said...

Oss, terimakasih gan, sangat bermanfaat...

Syauqi said...

Oss, terima kasih. semoga bisa bermanfaat gan. Oss

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg