Mae Geri Tendangan Tercepat Kyokushin

Posted by Syauqi Friday, January 3, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Mae Geri Tendangan Tercepat Kyokushin

Mengapa mae geri dikatakan tendangan tercepat dalam kyokushin. Apa rahasia tendangan ini? Bagaimana cara melakukannya dengan benar? apa saja kendalanya? bagian apa yang terkena tubuh lawan? Berikut ini penulis akan menjabarkan dengan lebih detail tentang hal itu semua.

Mae Geri adalah tendangan yang dilakukan dengan bagian cusoku, yaitu pangkal dari seluruh jari-jari kaki yang jari-jarinya dinaikkan atas. Arah serangan dari tendangan ini adalah mata. Oleh karena itu tendangan ini dinamakan Mae Geri, mae adalah mata, dan geri artinya tendangan.

Cusoku, Yaitu pangkal jari kaki. Jari-jario ditekuk keatas agar cusoku bisa mengenai lawan secara optimal

Cara melakukannya adalah ketika posisi sosuno kamae, atau posisi standard pada jiyo kumite, kaki yang akan menendang diangkat sambil sedikit ditekuk, kemudian dilontarkan secepat-cepatnya ke arah mata lawan hingga lurus, kemudian tarik kembali. Karena lintasan dari tendangan ini satu garis lurus, maka tendangan ini bisa dilakukan dengan amat sangat cepat dan merupakan tendangan dengan lintasan terpendek dari kyokushin. Badan badan lawan yang diserang bisa mata, kepala, dada, perut, rusuk, ataupun tulang kering. Berikut ini ada video tentang lintasan kaki mae geri yang berupa satu garis lurus:


jangan kuatir untuk membentuk cusoku yang benar. Memang bentuk jari-jemarinya terkesan rawan terkilir atau cedera oleh badan lawan ketika menyerang. Tapi kelebihan dari bentuk cusoku ini adalah, jarak serangan kita menjadi semakin jauh dibandingkan dengan tumit atau bagian kaki lainnya. Selain itu, luas permukaan dari cusoku tergolong kecil sehingga menjadikannya lebih sakit. Ingat, semakin kecil bagian yang dipukulkan, semakin sakit. Begitu juga sebaliknya.

Tendang ke depan, bukan ke atas

Kesalahan yang sering terjadi pada saat awal-awal mencoba tendangan ini adalah sasaran terlalu jauh dan tidak tepat. Jadi kaki bukannya menancap masuk ke tubuh lawan, tetapi hanya menggesek tubuh lawan. Hal ini dikarenakan jarak kurang dekat dan kaki kurang ditekuk, sehingga arah dari tendangan tidak bisa tegak lurus terhadap tubuh lawan.

Sehingga ketika awal-awal mencoba tendangan ini, lebih baik dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap mengokang, dan tahap melontarkan. Tahap pertama digunakan untuk menarik kaki sedekat mungkin dengan badan, lutut harus tertekuk sampai maksimal. Setelah itu tahap dua adalah melontarkan cusoku ke tubuh lawan. Pembagian dua tahap ini ditujukan agar ketika kaki dilontarkan, maka arahnya sudah ke depan dan dapat menancap tegak lurus ke tubuh lawan. Setelah terbiasa, maka lutut tidak perlu ditekuk terlalu banyak lagi agar lintasan semakin pendek.

Untuk power maksimal, tambahkan sentakan dan teriak pada saat puncak serangan. Badan sebaiknya dimundurkan sedikit supaya jarak jangkauan tendangan ini bisa maksimal.

Contoh tendangan mae geri pada kepala. Perhatikan badan yang sedikit dimundurkan

Melatih Reflek Mae Geri

Tendangan ini tergolong cepat sehingga cocok untuk dijadikan snap attack, yaitu tendangan yang otomatis keluar ketika momen cocok. Tapi tentunya harus disertai dengan reflek yang bagus. Cara melatih reflek bisa dilakukan dengan memutar tubuh diikuti dengan menendang mae geri ke 4 arah secara berurutan, sesuai arah jarum jam, setelah itu sebaliknya. Lakukan sebanyak mungkin dengan hanya satu kaki, setelah selesai satu kaki, ganti dengan kaki satunya. Hal ini selain untuk melatih reflek, juga untuk mengatur kesiapan kita untuk melontarkan tendangan. Jadi harapannya, ketika musuh berpindah posisi sangat cepat pun, kita masih tetap bisa memposisikan tubuh, sekaligus melontarkan mae geri.

Untuk variasi dari mae geri ini, bisa dilakukan dengan merubah sedikit lintasan mae geri. Pada bentuk dasarnya, lintasan ayunan tendangan berasal dari bawah naik ke atas depan. Tapi cobalah untuk merubah lintasannya sedikit miring mendekati mawashi geri(tendangan melingkar) dan mengarahkannya ke rusuk agar memberikan dampak kerusakan maksimal sekaligus mengecoh konsentrasi lawan tentang arah datangnya tendangan kita.

Selamat mencoba!

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mae Geri Tendangan Tercepat Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/01/mae-geri-tendangan-tercepat-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg