Mawashi Kubi Geri Tendangan Populer Kyokushin

Posted by Syauqi Sunday, January 19, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Mawashi Kubi Geri Tendangan Populer Kyokushin

Mawashi Kubi Geri bisa dikatakan tendangan yang paling sering digunakan di kyokushin. Perbedaan dengan mawashi geri hanyalah pada bagian ujung kaki yang dipukulkan, yaitu haisoku dan cusoku, tetapi tendangan ini jauh lebih banyak digunakan daripada mawashi geri. Mengapa mawashi kubi geri lebih banyak digunakan? apa efek dari cusoku dan haisoku ketika digunakan untuk menendang? Bagaimana cara melatih mawashi kubi geri yang benar? Berikut ini pembahasannya

Contoh mawashi kubi geri pada jiyu kumite

Mawashi artinya melingkar, mawashi kubi geri adalah tendangan melingkar dari luar ke dalam, dengan menggunakan haisoku. Haisoku adalah punggung kaki. Cara membentuk haisoku ini adalah dengan meluruskan telapak kaki dan seluruh jari-jarinya sehingga ketika haisoku diayun, kemungkinan haisoku terkena lawan cukup besar, dan cedera cenderung berkurang.

Tendangan ini sama persis dengan mawashi geri, baca Mawashi Geri Tendangan KO Kyokushin untuk tutorial lengkapnya. Perbedaannya hanya ada pada bagian kaki yang terkena tubuh lawan, pada mawashi geri, bagian yang terkena tubuh lawan adalah cusoku, sedangkan pada mawashi kubi geri, bagian yang terkena tubuh lawan adalah haisoku.

Perbedaan bentuk kaki antara Cusoku dan haisoku

Perbedaan Haisoku dan Cusoku
1. Cusoku memiliki area yang lebih sempit daripada haisoku sehingga serangan cusoku lebih sakit dan lebih mampu untuk masuk ke dalam tubuh lawan dibandingkan haisoku.
2. Bentuk dari cusoku lebih rawan untuk cidera karena jari jarinya dekat dengan area yang dipukulkan. Seringkali jari-jari yang mengambang itu terkena tubuh lawan, dan tertekuk sampai menyentuh punggung kaki. Sedangkan jari-jari kaki pada haisoku relatif lebih aman dari cidera.
3. Bentuk dari haisoku lebih menmngkinkan untuk digunakan menyapu karena lurus dengan sune, atau tulang kering. sedangkan jika cusoku digunakan sembarangan, sangat rawan cedera.

Untuk pemula, lebih baik menggunakan mawashi kubi geri terlebih dahulu, selain lebih mudah, mengurangi cedera, sapuannya juga bisa sangat berguna untuk praktisi yang blum terlalu terlatih membaca jarak dengan lawan. Hal inilah yang membuat mawashi kubi geri lebih sering dipakai daripada mawashi geri.

Ryu Narushima, beliau dikenal memiliki serangan mawashi kubi geri ke arah rusuk yang cepat

Tokoh kyokushin yang terkenal suka menggunakan mawashi geri adalah Ryu Narushima, beliau dikenal dengan tendangannya ke arah rusuk secara cepat. Walau tubuhnya kecil, tapi dengan kemampuannya itu, beliau bisa mengalahkan banyak lawan yang lebih besar.

Akiyoshi Matsui, seorang tokoh dunia yang dikenal memiliki teknik terbaik di dunia yang sulit ditandingi di masanya

Sedangkan tokoh kyokushin yang sering sekali menggunakan mawashi kubi geri adalah Akiyoshi Matsui. Beliau dikenal dengan kyokushin yang mempunyai teknik terbaik di seluruh dunia. Kedua tokoh tersebut bisa memaksimalkan tendangan yang dikuasainya masing-masing dan mampu membuatnya menjadi senjata yang sangat ampuh.

selamat mencoba.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mawashi Kubi Geri Tendangan Populer Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/01/mawashi-kubi-geri-tendangan-populer.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg