Serangan Tsuki pada Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Thursday, July 31, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Serangan Tsuki pada Kyokushin Karate

Jenis serangan tsuki adalah jenis serangan yang mendominasi kurikulum kyokushin dan paling banyak digunakan oleh karateka kyokushin. Selain serangan ini adalah serangan yang paling umum dan lebih mudah terutama oleh pemula, serangan ini memiliki banyak kelebihan lainnya. Apa sebenarnya serangan tsuki ini? Apa yang menjadikannya serangan yang cukup populer pada kyokushin? Berikut ini penulis akan mencoba membahas lebih detil tentang tsuki.

Serangan Tsuki pada Kyokushin Karate merupakan jenis yang populer dan paling sering digunakan terutama penggunaannya pada seiken.

Pada Kyokushin, serangan jenis tsuki mendominasi kurikulum kyokushin dan paling sering digunakan warga kyokushin karena lebih mudah dipelajari, terutama untuk pemula. Penulis mendefinisikan serangan tsuki ini sebagai serangan yang menggunakan berat badan. Cara melakukannya adalah dengan menyerang dengan menggerakkan bagian badan sedemikian rupa, sehingga supaya ketika tangan menyerang maju, bahu dan badan ikut bergerak maju dan berhenti tepat ketika serangan mencapai puncaknya sehingga menambah daya dorong.

Ciri Serangan Tsuki:

1. Kecepatan
Karena pukulan disertai perpindahan banyak massa tubuh, maka serangan tsuki akan menjadi lebih lambat dari serangan uchi.

2. Daya Dorong
Karena menggunakan seluruh massa tubuh, daya dorong akan lebih besar. Jika daya dorong besar, maka serangan ini akan lebih sulit dibelokkan atau di block.

3. Daya Rusak
Daya rusak yang dihasilkan akan lebih besar jika mengenai bagian tubuh yang titik vitalnya berada jauh di dalam tubuh, misalnya uluh hati, rongga dada, lengan, dan lain sebagainya.

Bentuk serangan tsuki ini dapat terlihat jelas dari bentuk pukulan Seiken Chudan Cuki yang diulas lebih lengkap pada artikel Serangan Seiken pada Kyokushin Karate. Ciri khasnya adalah ketika pukulan telah berada pada posisi puncak (posisi lengan lurus dan telah mengenai sasaran), seiken (kepalan tangan) tidak ditarik kembali ke samping dada, tapi tetap ditinggal di sana. Seiken baru ditarik kembali ke samping dada ketika seiken pada tangan satunya mulai meluncur ke depan. Hal ini terlihat pada saat kita melakukan pukulan Seiken Chudan Tsuki di latihan pertama pada dojo.

Berikut ini ada video tutorial yang bisa menggambarkan seperti apa pukulan tsuki pada gerakan Seiken Chudan Tsuki:


Pada prakteknya, para pemula lebih mudah mempelajari jenis tsuki ini. Selain tsuki, ada juga serangan uchi, yaitu serangan yang lebih memanfaatkan unsur kejutan dengan serangan yang cepat.

Istilah tsuki ini tidak hanya digunakan pada pukulan, tetapi juga pada tendangan, misalnya tendangan Mae Geri yang diulas lengkap pada artikel Mae Geri Tendangan Tercepat Kyokushin. Tendangan tsuki dapat digunakan untuk mendorong lawan, sedangkan jenis uchi digunakan untuk mencambuk pedas secara cepat.

Kesimpulan

Pukulan tsuki pada kyokushin adalah serangan yang melontarkan seluruh berat badan dalam laju pukulan. Pukulan ini lebih cocok digunakan untuk pukulan terakhir pada rangkaian kombinasi, untuk mendobrak pertahanan lawan yang besar, untuk melawan lawan yang pergerakan kakinya lambat, ataupun untuk mentargetkan KO. Tapi hati-hati menggunakannya karena serangan ini mudah sekali dibaca. Variasikan pukulan ini dengan kombinasi serangan yang lain.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Serangan Tsuki pada Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/07/serangan-tsuki-pada-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg