Cara Mengikat Sabuk Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Friday, May 16, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Cara Mengikat Sabuk Kyokushin Karate

Karategi adalah baju seragam resmi karateka yang terdiri dari baju, celana, dan sabuk. Sabuk merupakan bagian yang penting pada karategi karena tanpa sabuk, maka baju yang menjuntai-juntai akan menghalangi serangan yang akan dilakukan oleh karateka. Seringkali para kyokushin pemula mengalami kesulitan mengikat sabuk. Berikut ini adalah tutorial step by step dilengkapi gambar tentang cara mengikat sabuk karategi yang benar.

Karategi kyokushin yang terlipat.

Karategi merupakan seragam yang dipakai oleh setiap karateka. Karategi terdiri dari baju atas, celana, dan sabuk. Baju atas berupa kain besar yang membungkus badan, tanpa menggunakan karet, kancing, atau lain sebagainya.

Celana karategi memiliki model polos, tidak boleh memiliki kancing atau benda keras lainnya karena dapat mencederai penyerang, dan menimbulkan rasa tidak leluasa dalam bergerak. Selain itu celana karategi memiliki ciri khas khusus, yaitu memiliki tambahan kain di bagian selangkangan. Hal ini agar ketika menendang, bagian selangkangan tidak akan sobek. Hasilnya, celana karategi akan lebih longgar pada bagian selangkangannya.

Yang ketiga adalah sabuk, dimana sabuk ini memiliki arti tingkatan yang hanya berlaku di dojo, dan tidak berlaku di luar dojo, yang menunjukkan tingkatan seorang warga karate. Selain itu tentu saja, menjaga agar baju atas tidak berantakan, karena kalau tidak ada sabuk, pukulan-pukulan akan sering menyangkut di baju yang menjuntai-juntai, terutama uraken sinta cuki (upper cut, pukulan dari arah bawah) yang selalu nyangkut di baju yang menjuntai.

Berikut ini penulis akan menjabarkan panduan lengkap mengikat sabuk disertai gambar. Tapi karena banyaknya gambar, maka tutorial ini akan dibagi menjadi dua bagian. yaitu bagian pertama adalah memakai sabuk, dan bagian kedua adalah membuat simpulnya.

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah satu persatu tentang bagaimana cara memakai sabuk pada kyokushin karate:

1. Pakai celana seperti biasa, jangan terlalu rapat (akan menyebabkan otot susah berkontraksi dan mengganggu napas), dan jangan terlalu longgar (akan menyebabkan celana melorot dan mengganggu tendangan tinggi).

2. Pakai baju karategi seperti biasa. Rapikan bagian baju yang di dalam.

3. Lapiskan bagian satunya sehingga baju pada posisi sempurna.

4. Ambil sabuk karategi. Selanjutnya, posisikan logo kanku (logo perguruan) akan banyak berada di tangan kanan.

5. ambil bagian tengah sabuk. ujung sabuk yang berlogo kanku berada di kanan kita. Dan ketika dipegang seperti gambar ini, logo kanku menghadap ke arah kanan / luar.

6. Gambar berikut ini menunjukkan ujung sabuk yang berada di kanan, adalah yang berlogo kanku.

7. Tempelkan bagian tengah sabuk tepat di depan pusar.

8. Lingkarkan terus melalui belakang dan sabuk akan saling memotong jalur di bagian punggung.

9. Lingkarkan terus sampai ke bagian depan dan samakan ujungnya. jika tidak sama, geser-geser sedikit sampai sejajar. Pastikan dakan proses ini, sabuk tidak melinting atau terlipat.


Sampai tahap ini, sabuk sudah siap dan langkah berikutnya adalah membuat simpulnya. Tutorial ini bersambung ke bagian kedua di Tutorial Mengikat Sabuk Kyokushin Karate Bagian Ke-2

Semoga bermanfaat.
Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Mengikat Sabuk Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/05/cara-mengikat-sabuk-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg