Arti Dari Karate Ni Sente Nashi

Posted by Syauqi Saturday, August 9, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Arti Dari Karate Ni Sente Nashi

Salah satu filosofi utama dalam Karate adalah Karate Ni Sente Nashi yang artinya adalah Tidak ada Serangan Pertama dalam Karate, karena karate tidak diperuntukkan untuk menyerang lawan melainkan hanya membalas ketika disakiti dan tidak ada jalan lain untuk menghindarinya. Berikut ini penulis akan mencoba memberi gambaran lebih detil beserta contohnya pada kehidupan kita sehari-hari.

Salah satu filosofi dasar pada Karate yang dicetuskan oleh Master Gichin Funakoshi yang merupakan cikal bakal dari Kyokushin

Filosofi ini berasal dari Gichin Funakoshi, father dari modern karate sekaligus guru dari Masutatsu Oyama. Karate Ni Sente Nashi bisa diartikan sebagai sikap yang tidak akan menyerang pertama kali. Dengan kata lain, seorang karateka tidak diperkenankan untuk memulai perkelahian, tetapi ketika lawan sudah menyerang maka lawan tersebut harus segera dijatuhkan secepatnya.

Hal ini memberikan gambaran perilaku untuk para karateka agar tidak suka memulai perkelahian di jalanan, tempat umum, atau dimanapun. Sehingga karateka bisa lebih menjaga sikapnya terutama emosinya jika berada di tengah-tengah masyarakat.

Choki Motobu
Choki Motobu, founding father dari Motobu Ryu memiliki pandangan tentang Sente Nashi
Tetapi, beberapa orang memiliki pemahaman yang berbeda dari filosofi Karate Ni Sente Nashi ini. Salah satunya adalah Choki Motobu, seorang tokoh besar Karateka yang juga founder dari Motobu-Ryu yang pada buku terbitannya di tahun 1932, 'Watashi No Karate-Jutsu' mengatakan bahwa:

Ada sebuah ekspresi, 'karate ni sente nashi'. Rupanya beberapa orang menginterpretasikan ekspresi ini dan sering mengartikan 'karateka seharusnya tidak menyerang duluan'. Tetapi mereka melakukan kesalahan serius. Sudah bisa dipastikan bukan semangat budo yang melatih untuk tujuan menyerang duluan tanpa alasan yang baik. Saya menduga anda sudah mengerti bahwa itu adalah salah satu tujuan yang harus dilatih oleh pikiran dan badan kita.

Maksud ekspresi ini adalah, seseorang tidak boleh melukai orang lain tanpa alasan yang baik. Tetapi ketika situasi tidak memungkinkan, dalam kata lain, terkadang ketika seseorang ingin menghindar dari masalah, kadangkala dia tidak bisa menghindar. Ketika lawan serius ingin melukai kita, maka kita harus berdiri tegak dan melawan dengan sengit.

Ketika kita berkelahi, mengontrol lawan sangat krusial, dan karateka harus bisa mengontrolnya dengan serangan pertamanya. Dan ketika sudah menjalani perkelahian, maka kita harus menyerang duluan. Hal ini sangat penting untuk diingat.

Choki Motobu, seorang tokoh karateka di Jepang di era awal abad ke 19

Filosofi ini akan sangat baik jika diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Misalkan kita diserempet oleh pengendara motor yang serampangan, bertabrakan dengan orang lain ketika jalan di keramaian, kita sebaiknya tidak perlu memulai perkelahian kecuali diperlukan. Tentunya contoh-contoh di atas bukan alasan kuat untuk memulai perkelahian. Sebaiknya malah kita saling memaklumi, bisa jadi orang-orang tersebut tidak sengaja atau terburu waktu dan sebagainya.

Di sisi lain, ketika kita kesal ke orang lain, kita sebaiknya tidak memulai serangan terlebih dahulu. Karena hampir semua perkelahian akan berakhir tidak baik. Rasa tidak terima, tersinggung, rasa ingin balas dendam, rasa dipermalukan dan lain sebagainya akan lebih sulit hilang. Tetapi untuk orang yang suka mencari masalah dan hanya bisa mengerti bahasa main fisik, dan tidak ada jalan lain untuk menghindarinya, maka kemampuan yang dilatih selama ini di dojo bisa anda digunakan sebaik-baiknya untuk menjatuhkan orang tersebut, jika kalah maka kalah secara terhormat membela kepentingan yang pantas kita bela.

'Satu musuh terlalu banyak, seribu kawan terlalu sedikit.'

Semoga bermanfaat.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Arti Dari Karate Ni Sente Nashi
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/08/arti-dari-karate-ni-sente-nashi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg