Mawashi Ushiro Geri Pada Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Sunday, March 2, 2014 4 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Mawashi Ushiro Geri Pada Kyokushin Karate

Tendangan mawashi ushiro geri adalah tendangan yang sangat kuat dan berbahaya. Mengapa dikatakan demikian? Bagaimana cara melakukannya? Apa saja variannya? Berikut ini akan dibahas lebih detail tentang mawashi ushiro geri pada kyokushin karate.

Ushiro Mawashi Geri, tendangan dalam kyokushin karate yang sangat keras dan mematikan

Tendangan ini bisa dikatakan hampir sama dengan Ushiro Geri. Jika ushiro geri memiliki arah lintasan menusuk ke belakang, maka mawashi ushiro geri ini arahnya melintang menghantam kepala dari arah samping.

Pada ushiro mawashi geri, bagian tubuh yang terkenal lawan adalah telapak kaki. Tetapi pada prakteknya, bisa juga dengan menggunakan sokuto, atau pisau kaki. Cara melakukannya juga hampir sama, yaitu dengan memutar badan membelakangi lawan terlebih dahulu, kemudian menggunakan tenaga putar kaki, hanya saja ada beberapa perbedaan.

Salah satu perbedaannya adalah karena ushiro mawashi ini berputar memotong kepala lawan dan didahului oleh putaran, maka gerakan akhir ini tidak akan berhenti setelah puncak tendangan, melainkan kaki akan terus melaju sampai ke samping. Berbeda dengan ushiro mawashi yang arahnya menusuk ke depan.

Selain itu tendangan ini lebih mudah mengenai sasaran daripasa ushiro mawashi karena serangannya bisa dikatakan sebagai sapuan. Tubuh lawan yang berada pada setinggi kepala akan terhantam, tidak peduli itu agak ke kanan, kiri, atau agak mundur sedikit. Sedangakan bila ushiro mawashi area serangannya hanya satu titik, bila lawan bergeser ke samping, dampak hantaman akan berkurang.

Berikut ini video yang bisa lebih menggambarkan gerakan lintasan ushiro mawashi.



Variasi dalam kendangan ini bisa dilakukan dengan melompat. Variasi ini bagus, karena ketika tubuh melayang, power akan lebih kuat. Dan jika kaki bawah yang dipakai berpijak ikut diangkat, maka kaki bawah tidak akan bisa disapu oleh lawan yang bisa membaca serangan kita. Tapi mari lupakan gerakan keren yang hanya akan kita lihat di film-film itu karena dalam prakteknya tidak akan efisien karena memakan banyak tenaga dan kurang efektif, kecuali dalam demonstrasi untuk menarik perhatian publik.

Selain itu, tendangan ini bisa juga dilakukan dengan cusoku, terutama untuk orang-orang yang memiliki pinggang tidak lentur sehingga lintasan memotong kepala ini jauh lebih mudah dilakukan dengan cusoku. Jadi kaki membuka ke depan dan bukan ke samping, sehingga hasilnya akan lebih seperti mae geri yang diputar.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mawashi Ushiro Geri Pada Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/03/mawashi-ushiro-geri-pada-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 comments:

Dira Ariza said...

blogg ini sangat bermanfaat...oss

Syauqi said...

oss,
terima kasih senpai. senang bahwa blog ini bisa bermanfaat.
tetap semangat.
oss.

Unknown said...

Berkat blog ini saya bisa ujian dengan mudah karena dapat menghafalkan teknik" dasar..

Oss..

Syauqi said...

Oss,
Senang sekali bisa membantu. semoga semakin mahir dan terus bersemangat latihan.
Oss.

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg