Tendangan Keage Dalam Kyokushin Karate

Posted by Syauqi Friday, March 7, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Tendangan Keage Dalam Kyokushin Karate

Keage adalah tendangan yang tidak digunakan untuk menyerang melainkan untuk melatih kelenturan. Bagaimana cara melakukannya dan apa saja manfaatnya? berikut ini ulasannya.

Keage yang diajarkan dalam kurikulum di indonesia kebanyakan adalah keage yang digunakan untuk melatih kelenturan. Sedangkan di luar Indonesia, pengertiannya sedikit berbeda dan digunakan untuk menyerang. Tapi pada artikel kali ini, pembahasan hanya akan dilakukan pada keage yang di Indonesia, yaitu yang digunakan untuk melatih kelenturan.

Keage dapat dibagi menjadi dua. yaitu keage depan dan yoko keage. Keage depan dilakukan dengan cara mengayun kaki ke depan, sedangkan yoko keage dilakukan dengan mengayun kaki ke samping.

Contoh posisi zenkutsu dachi dalam kyokushin karate
Cara melakukan keage depan adalah diawali dengan posisi zenkutsu dachi, atau posisi kuda-kuda dasar. Setelah itu putar telapak kaki depan ke arah luar (posisi tumit tidak berubah, hanya ikut berputar) diimbangi dengan perubahan arah badan yang menghadap searah arah jari-jari kaki. Berikutnya ayunkan kaki belakang tanpa menekuk lutut ke arah depan dan teruskan hingga kaki menyentuh dada. jangan lupa tekuk kaki belakang agar melatih reflek kita supaya selalu menekuk ketika menendang. Hal ini untuk menghindari cedera ketika kaki penopang kita disapu lawan ketika menendang. Setelah menendang, kembalikan kaki ke posisi semula, dan persiapkan sikap zenkutsu dachi lagi untuk tendangan berikutnya.

Sedangkan cara melakukan yoko keage adalah dari posisi berdiri normal, kaki langsung dinaikkan ke arah samping setinggi-tingginya. Ketika melakukan ini, badan dan pinggul harus tetap menghadap depan, tidak boleh menghadap samping. Perhatikan di sini bahwa kebanyakan praktisi yang kakinya tidak lentur untuk split tengah, tidak akan bisa tinggi pada tendangan ini. Banyak dari mereka yang akhirnya menggunakan teori keage depan, hanya saja diputar ke samping supaya kaki terlihat tinggi. Tapi hal ini akan sia-sia, karena sendi-sendi tidak akan terlatih untuk lentur. Sebaiknya jika sanggup rendah, jangan dipaksakan tinggi.

Dolph Lundgren yang memperagakan split ke arah depan. Pinggul menghadap ke salah satu kaki dan membelakangi lainnya. Jika split ini bisa dilakukan dengan bagus, maka tendangan ke depan seperti mae geri akan bagus juga.

Split samping oleh Jaden Smith dalam filmnya Karate Kid 2010. Panggul tidak menghadap ke kaki manapun. Jika split samping ini bisa dilakukan dengan bagus, maka tendangan ke arah samping seperti yoko geri dan mawashi geri akan bagus juga.

Manfaat dari keage adalah melatih kelenturan. Jika tidak bisa tinggi, tidak apa-apa. Lakukan rendah dulu, yang penting benar. Jika sudah terbiasa, baru naikkan lebih tinggi. Alasan mengapa kaki tidak boleh ditekuk adalah supaya urat-urat yang ditarik adalah urat-urat yang berada di pangkal kaki, sehingga akan memberikan dampak besar. Oleh karena ini tendangan ini tidak bisa dibohongi, dan dengan melakukan keage dengan benar. Kelenturan seseorang dapat diukur dengan jelas.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tendangan Keage Dalam Kyokushin Karate
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/03/tendangan-keage-dalam-kyokushin-karate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg