Kakato Geri Tendangan Tumit Kyokushin

Posted by Syauqi Sunday, February 2, 2014 0 comments
Oss!

Kyokushin Pemula - Kakato Geri Tendangan Tumit Kyokushin

Kakato geri adalah tendangan yang cukup jarang dilakukan, tapi sebenarnya dampak kerusakannya cukup besar. Bagaimana tendangan ini bisa dikatakan seperti itu? Bagaimana cara melakukannya? Varian apa saja dari tendangan ini? Berikut ini ulasannya.

Bagian yang mengenai tubuh lawan adalah kakato atau tumit

Kakato adalah tendangan dengan menggunakan tumit. Di dojo, tendangan ini diajarkan untuk dilakukan dari posisi berdiri dan dilakukan dengan mengangkat tumit setinggi-tingginya kemudian menancapkannya ke bawah ke badan lawan, dengan asumsi lawan jatuh, dan dihabisi dengan tendangan ini. Sasaran yang diserang bisa macam-macam, mulai dari kepala, rusuk, perut, dan lain sebagainya.

Karena itulah tendangan ini tidak pernah terlihat dan hanya dilakukan di sesi latihan gerakan basic. Selain itu, tendangn ini juga dilarang dilakukan pada setiap pertandingan, karena pada pertandingan, lawan yang sudah jatuh atau membelakangi kita tidak boleh diserang.

Contoh salah satu varian dari tendangan menggunakan kakato

Walaupun tendangan ini tidak pernah terlihat, tapi variannya masih sering kita lihat pada pertandingan di luar Indonesia. Salah satunya adalah kakato ke arah paha. Cara melakukannya adalah dengan mengangkat kaki tinggi-tinggi ke arah depan lawan melewati tubuh lawan, kemudian menjatuhkannya dalam-dalam ke paha lawan. Tendangan ini memang sedikit aneh untuk dilihat, karena seakan-akan keluar jalur. Peluangnya juga kurang begitu bagus karena kakato harus mendarat tepat di paha lawan. Tapi tendangan ini sangat tidak disangka oleh lawan dan memiliki efek kejutan.


Selain itu, varian kakato ini adalah Axe Kick atau Kakato Otoshi, yang sempat dipopulerkan oleh almarhum Andy Hug. Caranya adalah dengan mengangkat kaki setinggi kepala, kemudian mendorongnya ke depan ke arah kepala atau dada lawan dengan seluruh berat badan. Tendangan ini memang lambat, tapi dengan timing yang baik, bisa menjadikannya sangat vital.

Selamat mencoba.

Oss!

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kakato Geri Tendangan Tumit Kyokushin
Ditulis oleh Syauqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kyokushinpemula.blogspot.com/2014/02/kakato-geri-tendangan-tumit-kyokushin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Bloglog

Histats counter code

Visit Syauqi at Ping.sg